Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Polri Ambil Langkah Preventif Jelang HUT OPM

Nasional organisasi papua merdeka
Juven Martua Sitompul • 23 November 2019 02:29
Jakarta: Polri bakal melakukan upaya preventif menjelang perayaan hari ulang tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019. Upaya preventif itu dilakukan dalam bentuk pendekatan dan membangun komunikasi intensif dengan warga Papua.
 
“Dan kita menggelorakan bahwa Papua adalah bagian dari NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia),” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono di Jakarta, Jumat, 22 November 2019.
 
Selain upaya preventif, kata Argo, Polri juga telah mengirimkan tim intelijen ke Papua. Hal ini dilakukan untuk melakukan pemetaan terhadap wilayah-wilayah di Papua yang berpotensi konflik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Seperti apa kerawanannya, daerah mana, apa kerawanannya. Kerawanannya seperti apa masih diindentifikasi oleh intelejen,” ujar dia.
 
Menurut Argo, sejauh ini Polri belum menambah personel pengamanan di Papua. Namun, tak menutup kemungkinan penambahan anggota itu dilakukan Korps Bhayangkara.
 
Polri akan meminta warga di Papua untuk tidak terpengaruh dengan hasutan dari kelompok yang ingin memecah belah. Terpenting, berpegang teguh terhadap NKRI.
 
“Dan dibantu oleh TNI Polri untuk meyakinkan Papua adalah bagian dari negara kita,” pungkasnya.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif