Kuasa hukum panitia acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan akad nikah anak Rizieq Shihab menunjukkan surat panggilan dari Polda Metro Jaya. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Kuasa hukum panitia acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan akad nikah anak Rizieq Shihab menunjukkan surat panggilan dari Polda Metro Jaya. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Panitia Acara Rizieq Memenuhi Panggilan Polisi

Nasional dki jakarta Virus Korona fpi Rizieq Shihab protokol kesehatan
Siti Yona Hukmana • 18 November 2020 13:12
Jakarta: Panitia acara Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab memenuhi panggilan polisi. Salah satu panitia yang diperiksa ialah Haris Subaidilah.
 
Kedatangan Haris tak terpantau awak media. Namun, pemanggilan Haris dibenarkan Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI, Aziz Yanuar.
 
"Sebagaimana surat panggilan yang sudah dilampirkan kepada kuasa ustaz Haris Subaidilah sudah datang. Langsung masuk untuk menjalani pemeriksaan awal," kata Aziz di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu, 18 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aziz menyebut Haris berstatus Ketua Panitia Maulid Nabi Muhammd SAW dan ketua panitia akad nikah putri Rizieq Shihab. Dia memastikan Haris tidak terlibat dalam pesta pernikahan.
 
"Bukan (panitia) resepsi pernikahan," ungkap Aziz.
 
Aziz dan Haris mengikuti rapid test covid-19 dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Metro Jaya sebelum diperiksa. Aziz dan Haris dinyatakan negatif covid-19.
 
Aziz menegaskan Haris datang bukan untuk diperiksa, melainkan undangan klarifikasi. Dia menegaskan konteks periksa dengan klarifikasi itu berbeda.
 
"Ini hanya klarifikasi sebagaimana seperti Pak Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta kemarin (Selasa, 17 November 2020)," tegas dia.

Undangan terbatas

Panitia pernikahan dan acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Rizieq Shihab mengeklaim telah menyusun kegiatan dengan menjaga protokol kesehatan. Salah satunya, tidak mengundang banyak tamu.
 
"Undangan resmi hanya tidak sampai 30 orang, akan tetapi sekali lagi sebagaimana diungkapkan keluarga Habib Rizieq, bahwa ini massa di luar perkiraan kita," kata Azis.
 
Rizieq hanya mengundang 30 anggota keluarga. Dia menyebut pesta pernikahan dan acara Maulid Nabi Muhammad SAW mendadak digabung. Sebab, keluarga besar Rizieq tidak berencana membuat acara besar-besaran dan bersamaan.
 
"Tidak ada (rencana). Itu hanya untuk keluarga. Tapi usul dari panitia dari DPP FPI (acara disatukan)," ujar Aziz.
 
Baca: Keselamatan Rakyat Acuan Polisi Tindak Tegas Pesta Pernikahan Anak Rizieq
 
FPI telah mengantisipasi kerumunan dengan penutupan jalan di kawasan rumah Rizieq. Acara didesain agar tamu tidak berkerumun dan bisa menyebar memanfaatkan jalan tersebut.
 
"Di titik-titik tertentu kita sediakan tempat cuci tangan, kita sebar masker dari para donatur dan dari pihak internal juga. Hand sanitizer kita sediakan, protokol kesehatan terus kita umumkan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan)," terang Aziz.
 
Meski begitu, Azis mengakui adanya kesulitan menerapkan protokol kesehatan ketika banyak massa berdatangan. Dia tak memungkiri terjadinya kerumunan. Bahkan, dia tak mengelak sejumlah peserta acara membandel.
 
"Perihal oknum-oknum yang tidak menggunakan itu (masker), yang bersangkutan yang disalahkan. Tidak bisa panitianya disalahkan semua kan," kata dia.
 
Aziz memastikan FPI akan menghormati proses hukum dengan memenuhi undangan klarifikasi dari pihak kepolisian.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif