Konferensi pers terkait kepemilikan zat radioaktif. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Konferensi pers terkait kepemilikan zat radioaktif. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Pemilik Zat Radioaktif Segera Disidang

Nasional nuklir
Siti Yona Hukmana • 13 Agustus 2020 16:13
Jakarta: Berkas perkara tersangka kepemilikan zat radioaktif sesium Cs-137, SM, rampung. Mantan pegawai Badan Tenaga Nuklir (Batan) itu segera diadili.
 
"Alhamdulillah berkas kasus tersebut sudah P21 (lengkap) dan hari ini sudah dikirim ke jaksa penuntut umum (JPU)," kata Kasubdit II Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri Kombes Wisnu Hermawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 13 Agustus 2020.
 
SM menyimpan zat radioaktif di kediamannya, Kompleks Batan Indah, Kota Tangerang Selatan, Banten. Penyimpanan tanpa izin dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapetan).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur Dittipidter Bareskrim Polri Brigjen Agung Budijono menjelaskan penemuan zat radioaktif di rumah SM terkuak tim gabungan saat patroli di sekitar Perumahan Batan Indah. Rumah SM dicurigai menyimpan radioaktif melalui alat ukur tingkat radioaktif.
 
"Kita temukan adanya pancaran radiasi radioaktif pada salah satu rumah. Ada peningkatan radioaktif di rumah SM, di situ kita curigai," kata Agung dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 13 Maret 2020.
 
SM dijerat Pasal 42 dan 43 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran. Dia terancam hukuman dua tahun dan denda maksimal Rp100 juta.
 
(Baca: Pegawai Batan Diduga Tak Sendiri Mengelola Zat Radioaktif)
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif