Pemusnahan narkoba di Polres Jakbar. Foto: Medcom.id/Zakaria Habib
Pemusnahan narkoba di Polres Jakbar. Foto: Medcom.id/Zakaria Habib

Narkoba Rp10 M Dimusnahkan di Jakbar

Nasional narkoba
Zakaria Habib • 05 November 2019 17:46
Jakarta: Barang bukti narkoba berbagai jenis dimusnahkan Polres Metro Jakarta Barat (Jakbar). Obat-obatan terlarang senilai Rp10 miliar itu disita dalam Operasi Nila Jaya 2019.
 
Kepala Satuan (Kasat) Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Erick Frendriz menjelaskan pemusnahan barang bukti ini bagian dari proses melengkapi berkas acara pemeriksaan (BAP). Barang haram ini meliputi 37,9 kg sabu; 4,6 kg ganja; 11.900 butir pil psikotropika happy five (H-5); dan 10 ribu butir ekstasi.
 
‎"Barang bukti 14 kg sabu dan 10 ribu butir pil ekstasi dan 10 ribu butir pil happy five merupakan pengungkapan internasional Malaysia–Indonesia, di mana modus operandinya memanfaatkan momen karhutla (kebakaran hutan dan lahan) dalam penyaluran dan pendistribusian kasus narkoba tersebut,” kata AKBP Erick, Selasa, 5 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, dalam pengembangan jalur lembaga pemasyarakatan (lapas) pada kasus Malaysia–Indonesia ini, polisi menangkap lima tersangka. Barang bukti 23 kg sabu dan 1.900 butir pil happy five disita di sebuah parkiran mal di Jakarta Selatan.
 
"Para pelaku untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dikenakan dengan Pasal 114 ayat (2) sub Pasal 112 ayat (2) Pasal 111 ayat (2) juncto Pasal 132 ayat (1) UU Narkotika dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara atau seumur hidup dan hukuman mati," kata Erick.
 
Wakil Wali Kota Jakarta Barat M Zein mengapresiasi kerja polisi. Dia meminta pelaku ditindak dengan tegas.
 
Pada kesempatan sama, artis grup lawak Srimulat Tessy dan Polo mengimbau masyarakat untuk menjauhi barang haram itu. Kedua korban penyalahgunaan narkobaini menekankan obat-obatan terlarang itu berbahaya karena menyebabkan ketergantungan.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif