Ilustrasi PT Asuransi Jiwasaraya (persero). MI/Ramdani
Ilustrasi PT Asuransi Jiwasaraya (persero). MI/Ramdani

Benny Tjokro Dilaporkan ke Polisi

Nasional Jiwasraya
Siti Yona Hukmana • 29 Juni 2020 17:51
Jakarta: Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) resmi melaporkan terdakwa kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Benny Tjokrosaputro, ke Bareskrim Polri. Laporan buntut dari tudingan Benny soal BPK melindungi Bakrie Group.
 
"Kami sudah melaporkan pencemaran nama baik, terkait menyebutkan bahwa ketua dan wakil ketua BPK melindungi kelompok tertentu di dalam Jiwasraya," kata Ketua BPK Agung Firman Sampurna di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin, 29 Juni 2020.
 
BPK tak terima dengan tudingan tersebut. Agung menegaskan BPK menghitung kerugian negara sesuai dengan tahapan konstruksi hukum tersangka oleh aparat penegak hukum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Maka dari itu, sudah jelas bahwa apa yang dilakukan Benny Tjokro adalah fitnah, dan penecemaran nama baik," ujar Agung.
 
Menurut Agung, tindakan Benny telah masuk kepada ranah hukum. Dia ingin Benny mempertanggungjawabkan perbuatannya secara hukum.
 
Baca: Otak Pelemahan Pengawasan OJK di Kasus Jiwasraya Diusut
 
Laporan BPK terdaftar dengan nomor LP/B/0347/VI/2020/Bareskrim. Benny disangkakan Pasal 207 KUHP tentang Penghinaan, 310 KUHP tentang Pencemaran Nama Baik, dan 311 KUHP terkait Fitnah.
 
Sebelumnya, Direktur Utama PT Hanson Internasional itu menyebut emiten dari grup Bakrie berkontribusi besar dalam kasus Jiwasraya. Benny menyebut Bakrie Group tidak tersentuh dari kasus itu karena "dilindungi" oleh BPK termasuk di dalamnya ketua, wakil ketua BPK.
 
"Seakan-akan semua saham saya atur, kalau nama perusahaan PT Bakrie Brother, masa yang atur saya, tapi memang BPK yang menutupi, yang menutupi ketua dan wakil BPK yang sudah pasti kroninya Bakrie," katanya di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu, 24 Juni 2020.
 
Benny Tjokro didakwa melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang berasal dari korupsi pengelolaan dana dan penggunaan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sehingga menimbulkan kerugian negara sebesar Rp16,8 triliun.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif