Ketua Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI) Ignatius Indro (kiri), menyatakan dukungannya kepada Satgas Antimafia Bola untuk memberantas skandal pengaturan skor di Indonesia (Foto: medcom.id/Riyan Ferdianto)
Ketua Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI) Ignatius Indro (kiri), menyatakan dukungannya kepada Satgas Antimafia Bola untuk memberantas skandal pengaturan skor di Indonesia (Foto: medcom.id/Riyan Ferdianto)

60 Laporan Pengaturan Skor Diselidiki

Nasional Pengaturan Skor Sepak Bola
Sunnaholomi Halakrispen • 05 Januari 2019 12:11
Jakarta: Juru Bicara Satgas Antimafia Bola Kombes Syahar Diantono mengungkapkan pihaknya menerima 278 laporan terkait pengaturan skor. Sebanyak 60 kasus tengah ditindaklanjuti.
 
"Dari jumlah itu kita analisa yang layak untuk ditindak di tingkat penyelidikan ada 60," beber Syahar dalam diskusi 'Sepak Mafia Bola' di Cafe D'consulate, Jakarta Pusat, Sabtu, 5 Januari 2019.
 
Seluruh laporan itu kini tengah ditangani di tingkat Polda dan Direktorat Tipikor Bareskrim Polri. Umumnya, laporan terkait dugaan penipuan, penggelapan uang, dan pencucian uang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga:Polisi Minta Perbankan Telusuri Dana Mbah Putih)
 
"Jadi sesuai laporan pelapor merasa ditipu karena selama ini klubnya itu selalu dicurangi dalam permainan sehingga kalah," beber dia.
 
Syahar mengungkapkan pelaku memberikan penawaran terkait kemenangan klub tertentu dengan bayaran sejumlah uang yang disepakati. Tapi ternyata tidak sesuai kesepakatan.
 
"Hasilnya tidak sesuai kesepakatan Penipuannya di situ," pungkas dia.
 
Terkait pengaturan skor ini, polisi sudah menetapkan empat tersangka. Keempatnya yakni mantan Anggota Komisi Wasit PSSI Priyanto anaknya Anik Yuni Artika Sari, Keduanya diduga terlibat kasus pengaturan skor pada kompetisi yang digelar oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB)
 
Kemudian, Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Tengah Johar Lin Eng (J) dan Mantan Wakil Ketua Umum Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DIY Dwi Irianto (DI) alias Mbah Putih. Keempatnya sudah ditahan.
 
(Baca juga:Soal Sanksi Klub yang Terlibat Pengaturan Skor, PT LIB Serahkan ke PSSI)
 


 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi