Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi menunjukkan barang bukti operasi tangkap tangan pejabat di Kementerian PUPR. MI/Barry Fatahilah.
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi menunjukkan barang bukti operasi tangkap tangan pejabat di Kementerian PUPR. MI/Barry Fatahilah.

Kementerian PUPR Jamin Kooperatif Terkait OTT SPAM

Nasional OTT KPK
Kautsar Widya Prabowo • 31 Desember 2018 08:09
Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyerahkan penanganan kasus operasi tangkap tangan terkait proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kementerian PUPR bakal kooperatif memberikan data dan keterangan kepada KPK.
 
"Mengidentifikasi status, proses dan progres kegiatan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) stragis,Umbulan tiga Pasuruan, Toba satu, Lampung, Katulampa, serta Palu, Sigi dan Donggala," kata Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja di Jakarta, Minggu, 30 Desember 2018.
 
Baca: KPK Sita Rp3,3 Miliar Terkait Suap PUPR

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kementerian PUPR mengganti sejumlah pejabat pada satuan kerja SPAM dan satuan kerja tanggap darurat yang terlibat OTT. Hal ini dilakukan agar penyelesaian tugas pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik tetap berjalan.
 
"Serta memastikan penanganan kondisi darurat tetap berjalan dengan sebaik-baiknya,"tambahnya.
 
Endra menyebut Kementerian PUPR masih berpikir memberikan pendampingan hukum kepada oknum pegawai yang terjerat KPK. Kementerian juga sedang menimbang untuk memutus kontrak dengan penyedia jasa yang menyuap.
 
Baca: Kronologi OTT Pejabat Kementerian PUPR
 
Kementerian PUPR bakal menjadikan OTT ini sebagai momentum meningkatkan pengawasan. Endra mengatakan pengawasan terhadap pengadaan barang dan jasa profesional bakal dilakukan secara akuntabel dan lebih tertib.
 
"Untuk meningkatkan pengawasan pelaksanaan pekerjaan secara internal maupun eksternal agar tidak terjadi kasus serupa di kemudian hari," pungkasnya.

 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi