Kompol Bardianto (kanan), Kateam Baintelkam Polri yang melakukan deradikalisasi kepada para mantan napiter (Ist)
Kompol Bardianto (kanan), Kateam Baintelkam Polri yang melakukan deradikalisasi kepada para mantan napiter (Ist)

Upaya Polri Dukung Eks Napiter Keluar dari Jerat Radikalisme

Nasional terorisme polri teroris radikalisme
Rendy Renuki H • 27 Februari 2021 19:06
Jakarta: Polri terus berupaya mendukung mantan narapidana terorisme (napiter) keluar dari jerat radikalisme. Bentuk dukungan itu berupa pembinaan, pendidikan, dan modal usaha.
 
Salah satu contoh adalah Iqbal Kusnaeni alias Ramli alias Iboy. Eks napiter yang diciduk awal 2000-an silam di Cipayung, Jakarta Timur karena terlibat kasus penyediaan senjata api.
 
Polri memberikan pembinaan dan pendidikan kepadanya. Sehingga dia bisa menjadi sarjana Ekonomi STIE Tiara Rawamangun 2020 lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Iqbal pun diberikan modal usaha beternak lele dan menanam sayuran hidroponik. Dari hasil tersebut, dia menjualnya secara daring dengan bentuk kemasan siap masak.
 
"Sebagai bentuk pembinaan para mantan napiter, Polri melalui Baintelkam dalam rangka menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan kembali pada NKRI secara utuh, memberikan bantuan serta dukungan modal usaha," kata Kompol Bardianto, perwakilan Baintelkam Mabes Polri, Jumat 26 Februari 2021.
 
Fokus usaha juga membut Iqbal meninggalkan kelompok ektrimisme. Dia beserta istri dan anaknya kini hidup damai di Kampung Areman RT. 004/007 No.23 Kelurahan Tugu, Kec. Cimanggis, Depok.
 
Selain membangun usaha, Iqbal saat ini juga aktif bergabung dengan organisasi Lingkar Perdamaian. Sebuah organisasi yang didirikan para eks napiter yang sudah kembali kepada NKRI.
 
Organisasi ini diketuai oleh Ali Fauzi. Orgnaisasi tersebut bertujuan untuk memerangi, menanggulangi dan mencegah aksi terorisme.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif