Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

15 Tersangka Mafia Tanah Ibu Dino Patti Segera Disidang

Nasional polri kasus tanah sengketa tanah Dino Patti Djalal
Siti Yona Hukmana • 14 April 2021 12:57
Jakarta: Para tersangka kasus mafia tanah ibu mantan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Dino Patti Djalal, Zurni Hasyim Djalal, segera menghadapi meja hijau. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta menyatakan berkas perkara tersangka sudah lengkap alias P21.
 
"Tiga laporan polisi (LP) dengan 15 tersangka sudah tahap dua, sudah kita serahkan ke Kejati DKI Jakarta," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu, 14 April 2021.
 
Yusri menjelaskan pelimpahan berkas dilakukan pada Senin, 12 Maret 2021. Kemudian, JPU memeriksa berkas tersebut sebelum dinyatakan lengkap. Kasus tersebut tinggal menunggu proses persidangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Polisi menetapkan 15 orang tersangka dalam kasus mafia tanah milik Zurni. Peran tersangka mulai dari aktor intelektual, menyiapkan sarana dan prasarana, figur palsu atau orang yang menyamar sebagai korban, hingga berperan sebagai pejabat pembuat akta tanah (PPAT). Mereka menyasar tanah dan bangunan yang terpasang iklan dijual.
 
Ada tiga laporan polisi dalam kasus ini, yaitu laporan dibuat Zurni pada 10 April 2020. Objek perkara laporan ini atas tanah dan bangunan yang terdapat di Jalan Paradiso, Pondok Indah, Jakarta Selatan.
 
Zurni kembali membuat laporan pada 11 November 2020. Objek perkara, yaitu tanah dan bangunan yang terdapat di Ampera, Jakarta Selatan.
 
Baca: Al, Otak Intelektual Mafia Tanah di Jakpus Diminta Menyerahkan Diri
 
Laporan terakhir dibuat saudara Zurni, Yurmisnarwati, pada 22 Januari 2021. Objek perkara, yaitu tanah dan bangunan yang terdapat di Cilandak, Jakarta Selatan.
 
Terdapat lima tersangka dari masing-masing LP. Namun, polisi tidak membeberkan identitas seluruh tersangka.
 
Salah satu tersangka pada LP ke-3 adalah Fredy Kusnadi. Dia berperan mencari figur untuk menyamar sebagai Yurmisnarwati. Fredy membayar figur palsu yang diperankan tersangka Aryani Rp10 juta.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif