Ilustrasi kebakaran Kejagung. ANT/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi kebakaran Kejagung. ANT/Aditya Pradana Putra

Peran Tiga Tersangka Baru Kebakaran Kejagung

Nasional kebakaran gedung kejaksaan agung
Siti Yona Hukmana • 13 November 2020 16:27
Jakarta: Kepolisian mengungkap peran tiga tersangka baru kasus kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung (Kejagung). Ketiga tersangka ialah peminjam bendera PT APM, MD; mantan pegawai Kejagung, I; dan konsultan perencana pengadaan aluminium composite panel (ACP).
 
Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo mengungkapkan penetapan tersangka baru ini merupakan pengembangan dari delapan tersangka sebelumnya. Pengembangan atas informasi tersangka Direktur Utama (Dirut) PT APM, RS; ihwal PT APM hanya meminjam bendera.
 
"Sehingga proses pengkajian, pembelian seluruh alat yang digunakan untuk kebersihan di gedung Kejagung yang menjadi salah satu akseleran dari terbakarnya gedung adalah tersangka MD," ungkap Ferdy dalam konferensi pers, Jumat, 13 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyidik juga menelusuri pengadaan proyek ACP Kejagung. Ferdy menyebut salah satu bahan ACP menjadi penyebab kebakaran yang menghanguskan seluruh Gedung Utama Kejagung.
 
Proses pengadaan ACP dilakukan tersangka mantan pejabat pembuat komitmen (PPK) Kejagung, I, dan konsultan perencana J. Ferdy mengungkapkan I memilih konsultan perencana pengadaan ACP, J, tidak sesuai ketentuan.
 
Baca: Inisial 3 Tersangka Baru Kebakaran Kejagung
 
Sementara itu, J tidak berpengalaman sebagai konsultan perencana pengadaan ACP. "Kemudian I tidak melakukan pengecekan bahan-bahan yang digunakan, khsusnya ACP," tambah jenderal bintang satu itu.
 
Hasil pemeriksaan menujukkan model ACP terdiri atas dua bentuk, mudah terbakar dan terbakar pada suhu tertentu. Ferdy mengatakan J tidak berpengalaman memilih ACP sesuai standar sehingga menyebabkan kebakaran di seluruh gedung Kejagung.
 
"Sehingga kita bisa mengenakan dua tersangka ini masuk dalam kata lalai yang menyebabkan terbakarnya gedung Kejagung," beber Ferdy.
 
Ketiga tersangka dijerat Pasal 188 KUHP jo Pasal 55 dan 56 KUHP. Mereka terancam hukuman di atas lima tahun penjara.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif