Kapolri terpilih Komjen Listyo Sigit Prabowo. MI/Susanto
Kapolri terpilih Komjen Listyo Sigit Prabowo. MI/Susanto

Pam Swakarsa Versi Listyio Sigit Diharap Jauh dari Aksi Premanisme

Nasional polri Calon Kapolri Pam Swakarsa Crosscheck
Candra Yuri Nuralam • 24 Januari 2021 13:24
Jakarta: Kapolri terpilih Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo diminta memastikan Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa (Pam Swakarsa) yang dibentuknya jauh dari aksi premanisme. Listyo harus bisa buat konsep Pam Swakarsa yang berbeda dari era Orde Baru.
 
"Pam Swakarsa kan kita teringat ada orang kumpul-kumpul bawa pentungan terus mukulin demostran. Itu dulu, era 1999," kata pengamat terorisme Ridwan Habib dalam acara Chrosscheck by Medcom.id dengan tema Listyo, Kapolri Non Muslim Pemersatu Ulama, Minggu, 24 Januari 2021.
 
Edukasi terkait konsep teknis Pam Swakarsa versi Listyo Sigit perlu dilakukan. Masyarakat perlu dibuat tahu maksud dan tujuan Pam Swakarsa yang dibentuknya sebelum pembentukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ridwan menilai Pam Swakarsa versi Listyo dibuat dengan memanfaatkan satuan pengamanan (satpam) dan forum komunikasi polisi masyarakat (FKPM) setempat. Mereka bakal dibekali alat komunikasi khusus agar bisa melaporkan kejadian di lingkungan sekitar.
 
Pam Swakarsa bisa membuat pekerjaan personel Polri lebih cepat dan lebih ringan jika konsep tersebut dipakai. Pasalnya, kata dia, tim itu dibuat dengan maksud menambah mata masyarakat untuk memantau pelaku kejahatan di lingkungan sekitar.
 
"Mereka nanti bisa digalang oleh Bhabinkamtibmas atau humas polres maupun polsek untuk mereka nanti bisa berikan informasi ke polisi tentang situasi keamanan di wilayahnya," ujar Ridwan.
 
Baca: Komjen Listyo Bakal Aktifkan Kembali Pam Swakarsa
 
Sebelumnya, Listyo Sigit Prabowo, bakal mengaktifkan kembali Pam Swakarsa. Kebijakan ini diambil demi mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.
 
"Pam Swakarsa itu terbentuk atas kesadaran sendiri dari kepentingan masyarakat untuk kehadiran fungsi kepolisian agar lingkungan aman," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 22 Januari 2021.
 
Konsep Pam Swakarsa merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri. Lalu, dituangkan ke Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif