Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Sempat Ditelepon Jokowi, Kapolri Terbitkan Telegram Lawan Pungli di Pelabuhan

Nasional premanisme polri pungutan liar Pungli Pelabuhan
Theofilus Ifan Sucipto • 16 Juni 2021 09:35
Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh Kapolda memerangi premanisme dan pungutan liar (pungli) di pelabuhan. Hal itu bentuk tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.
 
Perintah tersebut tertuang dalam surat telegram nomor ST/1251/VI/HUK.7.1/2021 pada 15 Juni 2021. Surat dibuat lantaran premanisme dan pungli membuat daya saing dan pertumbuhan ekonomi nasional terhambat.
 
“Guna mendukung akselerasi pemulihan ekonomi nasional, kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) harus kondusif,” kata Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Agus Andrianto yang mewakili Listyo dalam keterangan tertulis, Rabu, 16 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Surat telegram berisi lima perintah yang harus dilakukan Kapolda. Pertama, melaksanakan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (K2YD) di kawasan pelabuhan pada masing-masing wilayah.
 
Kedua, melaksanakan penegakan hukum terhadap segala aksi premanisme. Ketiga, meningkatkan upaya pencegahan pungli bersama unit pemberantasan pungli di kawasan pelabuhan pada masing-masing wilayah.
 
Keempat, melakukan penegakan hukum bersama aparat pengawasan intern pemerintah (APIP). Terakhir, melaporkan hasil kegiatan kepada Kapolri melalui Kabareskrim.
 
“Negara tidak boleh kalah dengan aksi-aksi premanisme,” tegas Agus.
 
Baca: Polri Tangkap 3.823 Orang Terkait Premanisme dan Pungli
 
Sebelumnya, Jokowi menerima banyak aduan terkait premanisme dan pungli terhadap sopir kontainer saat berkunjung ke Tanjung Priok, Jakarta Utara. Jokowi langsung memanggil ajudannya, Kolonel Pnb. Abdul Haris, dan memintanya menghubungi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui telepon.
 
Dalam percakapan itu, Kepala Negara menyampaikan keluhan para sopir. "Enggak, ini saya di Tanjung Priok, banyak keluhan dari para driver kontainer yang berkaitan dengan pungutan liar di Fortune, di NPCT 1, kemudian di Depo Dwipa," jelas Jokowi.
 
Selain itu, Jokowi menyampaikan banyaknya premanisme, terutama saat lalu lintas macet. Jokowi memerintahkan Listyo segera menuntaskan persoalan tersebut.
 
"Kalau pas macet itu banyak driver yang dipalak preman-preman. Keluhan ini tolong bisa diselesaikan. Itu saja Kapolri," kata Jokowi.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif