Besok BNN Akan Musnahkan 2,6 Ton Sabu
Medcom.id
Jakarta: Badan Narkotika Nasional (BNN) akan memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 2,6 ton di Monas, Jakarta Pusat, Jumat, 4 Mei 2018. Barang haram tersebut hasil sitaan dari kasus kapal Sunrise Glory yang diungkap BNN pada Februari lalu.

Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari, mengungkapkan kasus ini berawal pada Oktober 2017 silam. Saat itu, BNN menerima informasi akan ada pengiriman sabu dalam jumlah besar ke wilayah Indonesia melalui jalur laut.

BNN, lanjut Depari kemudian menugaskan agen ke Thailand dan Myanmar untuk bekerja sama dengan petugas setempat guna menangkap kapal yang dicurigai membawa sabu tersebut.


"Namun ternyata kapal yang dimaksud tidak memasuki wilayah Indonesia melainkan langsung dari laut Andaman menuju wilayah Australia," kata Arman melalui keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Kamis, 3 Mei 2018.

Mengetahui hal itu, BNN lantas meneruskan informasi tersebut kepada Polisi Federal Australia (Australian Federal Police, AFP). Tepat pada 21 Desember 2017, pihak AFP menginformasikan sudah berhasil menyita 1,2 ton sabu.

Namun, para awak kapal yang membawa tidak berhasil ditangkap. Diperkirakan kapal tersebut masih membawa sabu seberat kurang lebih 1,1 ton. 

"Atas kerjasama TNI AL dan BNN pada tanggal 7 Februari 2018 lalu, telah ditangkap sebuah kapal bernama Sun Rise Glory yang telah diubah namanya menjadi Sun de Man di Selat Philip, dekat perbatasan Batam dan Singapura. Kapal tersebut berisi kurang lebih 1,1 ton sabu serta mengangkut empat orang anak buah kapal," ucap Arman. 

Selain itu, Direktorat 4 Bareskrim Mabes Polri juga turut menangkap kapal di perairan Anambas, Kepulauan Riau. Dari kasus ini, paarat berhasil mengamankan sabu seberat 1,6 ton dan empat orang ABK.

"Total Barang bukti yang disita kurang lebih berjumlah 4,731 ton sabu. 2,6 ton yang disita di Indonesia akan dimusnahkan besok pagi," ujar Arman.



(JMS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360