Ilustrasi Pancasila. Foto: ANT/Prasetia Fauzan.
Ilustrasi Pancasila. Foto: ANT/Prasetia Fauzan.

BPIP Gandeng KPK Membumikan Pancasila

Nasional pancasila
Fachri Audhia Hafiez • 17 Februari 2020 23:03
Jakarta: Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menyambangi Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lawatannya dalam rangka kerja sama membumikan Pancasila.
 
"Pertama long term itu yang namanya ke pendidikan. Untuk yang short term yaitu sosialiasi atau kampanye tentang pembumian Pancasila ke dalam kehidupan," kata Yudian di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin, 17 Februari 2020.
 
Yudian mengatakan kerja sama dengan Lembaga Antirasuah akan menyasar ke aktivitas generasi milenial. Aktivitas yang ditonjolkan dalam kegiatan ini seperti pendekatan melalui film pendek, musik, olahraga, dan kuliner.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Misalnya film pendek tapi dari film pendek itu akan tergambarkan bahwa perbuatan jujur tuh seperti ini, yang perbuatan tidak jujur akibatnya seperti ini dan seterusnya," ujar Yudian.
 
Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Antonius Benny Susetyo mencontohkan sayembara film pendek yang mengarah pada kesadaran hidup jujur, dan antikorupsi. Tak ketinggalan menyelipkan bagian pengamalan dari sila-sila Pancasila.
 
"Kerja sama ini kita ingin bagaimana hidup bersih, hidup jujur, sembilan nilai integritas KPK itu juga bagian dari Pancasila. Kita sepakati nanti bagaimana generasi milenial itukan generasi yang kreatif dan inovatif," ujar Romo.
 
Sementara itu, Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan mengatakan KPK diberi mandat menyelenggarakan pendidikan antikorupsi di segala jaringan. Jika diterapkan dalam pendidikan, KPK selama ini lebih banyak berbicara kejujuran dari upaya antikorupsi.
 
"Jadi tadi kita sepakati bahwa nanti kita akan punya MoU menanamkan nilai untuk program jangka panjang. Kita formulasikan seperti apa dia masuk di mata kuliah atau mata pelajaran," ujar Pahala.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif