Ilustrasi KPK - MI.
Ilustrasi KPK - MI.

Dada Rosada Diperiksa Terkait Korupsi RTH Bandung

Nasional kasus korupsi
Juven Martua Sitompul • 14 Agustus 2019 12:30
Jakarta: Mantan Wali Kota Bandung, Jawa Barat, Dada Rosada, dipanggil penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia diperiksa terkait kasus dugaan korupsi pengadaan tanah untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) di lingkungan Pemerintah Kota Bandung.
 
“Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka HN (mantan Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PKAD) Kota Bandung Hery Nurhayat),” kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Penyidik juga menjadwalkan pemeriksaan pada Hery. Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka anggota DPRD kota Bandung periode 2009-2014, Tomtom Dabul Qomar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPK bersama tim ahli auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) fokus mendalami selisih harga riil yang diterima pemilik tanah dengan yang dibayarkan Pemkot Bandung. Dalam perkara ini, lembaga Antirasuah menetapkan tiga tersangka, Hery, Tomtom dan mantan anggota DPRD Kota Bandung Kadar Slamet.
 
(Baca juga:KPK Pertajam Bukti Korupsi Tanah RTH Bandung)
 
Ketiganya dianggap bersekongkol menaikkan anggaran untuk pengadaan enam RTH di Kota Kembang. Aliran dana untuk modal tanah dan belanja penunjang RTH senilai Rp123,9 miliar.
 
Sementara alokasi untuk pembangunan dua RTH, yakni RTH Mandalajati Rp33,45 miliar dan RTH Cibiru Rp80,7 miliar. Diperkirakan kerugian negara akibat perbuatan ketiga tersangka senilai Rp26 miliar.
 
Hery, Tomtom dan Kadar disangkakan melanggar Pasal 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.
 
(Baca juga:KPK Minta Uang Haram Pengadaan Tanah RTH Bandung Dikembalikan)
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif