Terdakwa Eni Maulani Saragih saat diperiksa di Tipikor - Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Terdakwa Eni Maulani Saragih saat diperiksa di Tipikor - Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.

Eni Untung Besar Bantu Bos PT Borneo Lumbung Energi

Nasional Korupsi PLTU Riau-1
Nur Azizah • 02 Januari 2019 13:55
Jakarta: Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih mengaku membantu Samin Tan selaku bos PT Borneo Lumbung Energi. Atas bantuan itu, Eni dapat Rp5 miliar.
 
Eni mengaku menanyakan permasalahan Perjanjian Kerja Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) generasi ketiga di Kalimantan Tengah antara PT Asmin Kolaindo Tuhup (AKT) dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.
 
PT AKT merupakan anak perusahaan PT Borneo Lumbung Energi. Samin melibatkan Eni lantaran politikus Golkar itu memiliki posisi penting di Komisi VII.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi, membantu itu dalam pengertian menyambungkan dengan ESDM karena kebetulan waktu itu perusahaan Pak Samin Tan sedang berperkara di PTUN," kata Eni di Gedung Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jalan Bungur, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Januari 2019.
 
(Baca juga:Eni Bantah Uang dari Pengusaha untuk Kampanye Suami)
 
Kendati begitu, Eni membantah ikut terlibat dalam pemilihan PT AKT. Ia mengaku hanya menanyakan status PT AKT pada Kementerian ESDM.
 
"Kan ada putusan PTUN yang sudah dimenangkan Pak Samin Tan tapi tidak dijalankan oleh ESDM, saya tanya kenapa. Bukan berarti saya ikut campur," ujar dia.
 
Setelah membantu PT AKT, Eni meminta imbalan sebesar Rp5 miliar. Uang tersebut langsung digunakan untuk keperluan kampanye suaminya, Al Khadziq, untuk bertarung di Pilkada Temanggung.
 
(Baca juga:Staf Eni Akui Terima Tas Berisi Uang)

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif