Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy Pujianto.
Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy Pujianto.

KPK Telusuri Dugaan Keterlibatan Nasir di Kasus Bowo Sidik

Nasional korupsi OTT KPK
Candra Yuri Nuralam • 04 Mei 2019 21:00
Jakarta: Juru Bicara Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Febry Diansyah mengatakan penggeledahan ruang kerja anggota Komisi VII DPR Fraksi Partai Demokrat Muhammad Nasir adalah pengembangan kasus dugaan suap anggota Komisi VII Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso (BSP). KPK hanya melakukan verifikasi di ruang kerja BSP.
 
"Kami sedang menelusuri yang diduga menjadi sumber dari gratifikasi lebih dalam konteks menelusuri dugaan sumber gratifikasi untuk tersangka BSP," kata Febry di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Pusat, Sabtu 4 Mei 2019.
 
Febry menegaskan pihaknya hanya melakukan pengecekan. Pengecekan dilakukan untuk menelusuri aliran dana dari dugaan suap dan gratifikasi yang dilakukan oleh BSP beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Atas penggeledahan itu, KPK tidak menemukan apapun. KPK juga tidak bisa melakukan penyitaan karena tidak ditemukannya barang yang merujuk pada kasus tersebut.
 
"Maka secara fair KPK tidak boleh melakukan penyitaan terhadap benda tersebut sehingga KPK tidak melakukan penyitaan terhadap benda yang ada di ruangan anggota DPR tersebut," ujar Febry.
 
Nantinya, KPK akan melakukan pemanggilan terhadap Muhammad Nasir untuk menjalani pemeriksaan. Nasir akan diperiksa KPK sebagai saksi dari kasus BSP.
 
"Nanti pihak-pihak yang terkait termasuk anggota DPR RI atau pihak lainnya akan kami agendakan pemeriksaannya sebagai saksi sebagian dari proses verifikasi terhadap informasi yang sudah kami terima dari penyidikan ini," tutur Febry.
 
Penggeledahan ruang kerja politisi partai Demokrat itu diduga sebagai tempat melakukan transaksi dana alokasi khusus (DAK). Namun, saat ini KPK enggan memberikan informasi lebih lanjut spesifikasi dugaan tersebut.
 
"Tapi DAK-nya bagaimana dan spesifiknya atau lebih detailnya tentu karena masih proses penyelidikan belum bisa kami sampaikan," ucap Febry.
 
Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah ruang kerja anggota Komisi VII DPR Fraksi Partai Demokrat Muhammad Nasir. Penggeledahan berkaitan dengan proses penyidikan kasus dugaan suap anggota Komisi VII Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso (BSP).
 
"Tim KPK mendatangi salah satu ruangan di Gedung DPR RI untuk melakukan penelusuran informasi dalam penyidikan dengan tersangka BSP,' kata juru bicara KPK Febri Diansyah melalui pesan tertulis, Jakarta, Sabtu, 4 Mei 2019.
 
Febri mengatakan penggeledahan ruang kerja adik kandung terpidana korupsi Muhammad Nazaruddin itu berlangsung sejak pukul 11.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB. Penggeledahan untuk memverifikasi informasi dugaan sumber dana gratifikasi pengurusan dana alokasi khusus (DAK) yang diterima Bowo.
 

(EKO)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif