Juru bicara KPK Febri Diansyah. ANT/Reno Esnir.
Juru bicara KPK Febri Diansyah. ANT/Reno Esnir.

KPK Bantu Polda Lampung Tangkap Buron Korupsi

Nasional kasus korupsi
Juven Martua Sitompul • 06 Mei 2019 09:29
Jakarta: Tim gabungan satgas penindakan unit koordinator wilayah (Korwil KPK) bersama tim Polres Tangerang menangkap buron Polda Lampung bernama Nur Muhammad. Dia ditangkap di sebuah kontrakan di daerah BSD, Tangerang Selatan, Minggu, 5 Mei 2019.
 
"Penangkapan DPO ini merupakan bentuk sinergi antara KPK dan Polri dalam penegakan hukum tindak pidana korupsi," kata juru bicara KPK Febri Diansyah melalui pesan singkat, Jakarta, Senin, 6 Mei 2019.
 
Nur Muhammad kemudian dibawa ke Mapolers Tangerang Selatan, Banten. Setelah itu, Nur Muhammad akan diterbangkan ke Bandar Lampung untuk menjalani proses hukum yang berlaku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nur Muhammad masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polda Lampung sejak Desember 2018. KPK memfasilitasi pencarian DPO semenjak menerima permintaan dari Polda Lampung pada Maret 2019.
 
Baca: KPK Harus Kembali ke Khitah SebagaiTrigger Mechanism
 
"Saat tim KPK mendapatkan informasi mengenai keberadaan DPO, KPK bersama tim krimsus Polres Tangerang Selatan bergerak dan mengamankan tersangka di wilayah hukum Kota Tangerang Selatan," kata Febri.
 
Polda Lampung menetapkan Wakil Direktur CV Mika Kharisma Nur Muhammad sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pada kegiatan pengadaan peralatan olahraga SD pada Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan tahun anggaran 2016.
 
Saat itu, CV Mika Kharisma selaku penyedia barang dan jasa. Diduga kerugian negara yang ditimbulkan pada perkara ini sekitar Rp1.008.428.319.
 
Selain Nur Muhammad, penyidik Polda Lampung juga menetapkan dua tersangka lain. Mereka adalah Y selaku PPK dan ZR selaku pemilik modal.
 
Ketiganya disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 UU 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif