(Foto:MI/Susanto)
(Foto:MI/Susanto)

Baleg Tetapkan RUU Penanggulangan Bencana Jadi Usul Inisiatif DPR

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 03 Juli 2019 19:08
Jakarta: Badan Legislasi (Baleg) menetapkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Penanggulangan Bencana sebagai usul inisiatif DPR.Persetujuan dicapai atas dukungan 10 fraksi.
 
Ketua Panitia Kerja (Panja) Totok Daryanto menyampaikan, ada beberapa poin yang akan menjadi fokus pembahasan RUU Penanggulangan Bencana, di antaranya, penetapan sebuah kejadian masuk dalam kategori bencana.
 
"Jadi, RUU ini mengharuskan kepada pemerintah atau badan penanggulangan nasional atau daerah untuk menetapkan status bencana selambatnya 3 x 24 jam," kata Totok, dikutip Dpr.go.id, Rabu, 3 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini menjelaskan, pemerintah pusat dan daerah berhak menetapkan status darurat bencana. Penetapan tersebut bisa diubah sesuai perkembangan di lapangan.
 
"Misalnya, status bencana daerah nanti bisa diubah dengan tingkatan yang lebih tinggi jika terjadi eskalasi menjadi bencana nasional. Yang penting dalam waktu selambat-lambatnya tiga hari, pemerintah harus menetapkan status bencana," kata dia.
 
Selain itu, dalam RUU Penanggulangan Bencana juga akan fokus pada pengalokasian anggaran penanggulangan bencana. Panja mengusulkan, pemerintah pusat atau daerah harus menyediakan 0,5 persen dari APBN atau APBD.
 
"Artinya, dana itu terus ada di kas negara maupun pemerintah daerah," ujar dia.

 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif