Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto - Medcom.id/Lukman Diah Sari.
Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto - Medcom.id/Lukman Diah Sari.

Polri Awasi Pergerakan Hacker di Dunia Maya

Nasional peretasan
Faisal Abdalla • 19 Maret 2018 13:06
Jakarta: Mabes Polri terus mengawasi pergerakan hacker di dunia maya. Polri menerjunkan sejumlah tim untuk melakukan pengawasan.
 
"Polri ada sub satuan kerja, ada Direktorat Siber dan Multimedia kemudian ada Direktorat Kriminal Khusus, kita juga punya Satuan Kerja divisi TI yang semuanya siaga mengawasi," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 19 Maret 2018.
 
Setyo mengatakan kemampuan dan teknologi yang digunakan para hacker semakin canggih. Untuk itu Polri harus terus mengikuti perkembangan teknologi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita selalu mengikuti perkembangan teknologi yang makin hari makin canggih. Para hacker ini satu langkah lebih maju sehingga dia bisa membobol pertahanan dan keamanan di masing-masing web atau akun, sehingga kita juga perlu mengantisipasi mengikuti perkembangan teknologi," tukas dia.
 
(Baca juga:Polisi Menduga Ada Hacker Serupa SBH di Jakarta dan Bandung)
 
Setyo mengatakan Polda Metro Jaya hingga saat ini masih terus mendalami kasus kejahatan siber yang dilakukan oleh kelompok Surabaya Black Hat. Ditreskrimsus Polda Metro membentuk dua tim untuk menangani kasus ini.
 
"Satu tim bertugas untuk memproses tersangka yang sudah tertangkap, sementara satu tim lagi untuk mengembangkan kasus ini lebih jauh lagi," ungkap Setyo.
 
Diketahui, Subdit IV Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap tiga tersangka peretas 600 website di 44 negara. Ketiganya diketahui masih berstatus mahasiswa.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif