Pemerintah Pastikan Hak Adelina Terpenuhi
Menlu Retno Marsudi saat memberikan keterangan mengenai tiga tahun pencapaian kebijakan luar negeri Indonesia - Medcom.id/Fajar Nugraha.
Jakarta: Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memastikan pemerintah tak tinggal diam terhadap dugaan penyiksaan yang membuat Adelina, tenaga kerja Indonesia (TKI) di Penang, Malaysia, meninggal dunia. Pemerintah akan memberikan bantuan hukum untuk pemenuhan hak-hak Adelina.

"Dapat saya pastikan bahwa kita akan melakukan pendampingan hukum dalam arti kasusnya itu akan kita ikuti terus sehingga tidak ada hak hukum dari warga negara kita yang terkurangkan," kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 13 Februari 2018.

Retno juga memastikan Konsulat Jenderal RI di Penang akan mengawal proses hukum ini. Dengan begitu, hak-hak adelina betul-betul terpenuhi, termasuk hak atas kompensasi.


(Baca juga: Dua Majikan dari TKI yang Tewas di Penang Ditahan)

"Kemudian kita menyampaikan, otoritas Malaysia sudah bergerak. Bahkan, Chief Minister Penang sudah menyampaikan surat duka cita pada pagi kemarin. Saya pastikan kita bergerak, kita ingin memastikan hak-hak hukumnya, termasuk kompensasi dan sebagainya," ujar dia.

Adelina, TKI berusia 21 tahun yang mengalami luka parah di bagian kepala dan wajah, meninggal dunia di Rumah Sakit Bukit Mertajam pada 11 Februari. 

Retno menegaskan pemerintah bakal mengawal masalah ini secara optimal. Apalagi, permasalahan ini sangat luar biasa.

"Kita akan kawal masalah ini secara optimal. Karena apa yang menimpa saudara kita itu betul-betul sesuatu yang tidak bisa kita terima. Sudah betul-betul something yang luar biasa," kata dia.






(REN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360