Kemenkum HAM Gandeng KPK untuk Tunjuk Kalapas Sukamiskin

Kautsar Widya Prabowo 22 Juli 2018 11:08 WIB
ott kpk
Kemenkum HAM Gandeng KPK untuk Tunjuk Kalapas Sukamiskin
Lapas Sukamiskin. Foto: MI/Bayu Anggoro.
Jakarta: Kementerian Hukum dan HAM akan menggandeng KPK untuk menunjuk kepala lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Pelibatan KPK sangat diperlukan mengingat napi di sana adalah napi koruptor.
 
Dirjen Pemasyarakatan (PAS) Kementerian Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami mengatakan, pelibatan KPK dalam memilih kepala lapas Sukamiskin untuk mengetahui latar belakangnya. Hal tersebut untuk menghidari penyalahgunaan kekuasaan.
 
"Kita akan komunikasi dengan KPK terhadap orang yang ingin kita pilih, tapi ini wewenag Bapak Menteri (Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly)," kata Sri di Gedung Kemenkuham, Jakarta, Sabtu, 21 Juli 2018.

Baca: Kemenkumham Evaluasi Jajaran Ditjen Pemasyarakatan

Sri mengakui tidak mudah melakukan pengawasan terhadap oknum-oknum yang kerap terpengaruh iming-iming para napi koruptor. Kasus operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK terhadap Kepala Lapas Sukamiskin Wahid Husein akan menjadi pelajaran. Kepala lapas Sukamiskin sementara ini diisi Kepala Divisi Permasyarakatan wilayah Jawa Barat Alfi Zahrin.
 
"Tidak mudah berhadapan dengan mereka yang terjerat kasus korupsi. Tapi kita tidak boleh lengah dan tidak boleh kalah," katanya.
 
Sri mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi dan pergantian menyeluruh. Mulai dari Kementerian, Direktorat Jendral, Direktur, Kantor Wilayah, Kepala Divisi hingga ke Kepala  Lapas. "Akan ada pergantian dan kita akan memilih, mudah-mudahan ini yang terbaik," ujarnya.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id