Gubernur Papua Lukas Enembe. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Gubernur Papua Lukas Enembe. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Nah Lho! KPK Bakal Kenakan Pasal Ini Kalau Lukas Enembe Tak Terbukti Sakit

Sri Yanti Nainggolan • 28 September 2022 11:47
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai gerah dengan alasan Gubernur Papua, Lukas Enembe, yang tak bisa hadir pemeriksaan karena sakit. Apalagi, Lukas meminta agar bisa berobat ke Singapura. 
 
Juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri mengungkapkan pihaknya telah meminta Lukas Enembe datang ke instansinya untuk melakukan pengecekan kesehatan dengan tim medisnya. Tujuannya untuk memastikan dalih sakit tidak dipakai Lukas untuk menghindari pemeriksaan.
 
Ali mengatakan alasan sakit bahkan kerap dibantu oleh kuasa hukum atau tim medis khusus tersangka. Namun, kerap alasan itu bersifat palsu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


<i>Nah Lho</i>! KPK Bakal Kenakan Pasal Ini Kalau Lukas Enembe Tak Terbukti Sakit
Juru bicara bidang penindakan KPK, Ali Fikri. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Jadi, alasan itu harus dibuktikan. Jika tidak, Lembaga Antikorupsi bakal memasukkan kebohongan sakit ini sebagai upaya perintangan penyidikan.
 
"KPK pun tidak segan untuk mengenakan pasal pasal 221 KUHP ataupun pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 kepada para pihak yang diduga menghalang-halangi suatu proses hukum (Obstruction of Justice)," tegas melalui keterangan tertulis, Rabu, 27 September 2022.
 
Baca: Jangan Ragu, Unsur Perintangan Penyidikan Terpenuhi Kalau Lukas Enembe Ternyata Sehat
 

Pembelaan Lukas Enembe soal sakit

Juru bicara Gubernur Papua Lukas Enembe, M Rifai Danus, mengeklaim atasannya benar dalam keadaan sakit. Lukas disebut sudah melakukan banyak operasi dalam setahun terakhir.
 
"Dalam perjalanan ini kan sakit kemudian sembuh sakit sembuh, setahun terakhir setelah beliau melakukan operasi, tiga operasi besar," kata Rifai di Kantor Perwakilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua di Jakarta, Senin, 26 September 2022.
 
Rifai mengatakan Lukas sudah melakukan operasi jantung, pankreas, dan mata. Lukas Enembe kini sibuk berobat di Singapura usai melakukan tiga operasi.
 
Rifai mengatakan Lukas Enembe biasanya bergegas ke Singapura jika merasakan sakit. Menurut dia, cuma dokter di Singapura yang bisa menangani Lukas.
 
(SYN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif