Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Lemkapi: Jangan Berspekulasi Soal Luka Jasad Brigadir J

Antara • 24 Juli 2022 16:32
Jakarta: Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) Edi Saputra meminta semua pihak tidak berspekulasi tentang kondisi luka pada jasad Brigadir J. Termasuk, tim kuasa hukum.
 
"Terlalu banyak berspekulasi akan menimbulkan kisruh dan multitafsir di tengah masyarakat. Itu bisa mengganggu penyidikan," kata Edi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, 24 Juli 2022.
 
Dia meminta tim kuasa hukum keluarga Brigadir J menyampaikan keterangan sesuai dengan hukum acara. Apalagi, informasi yang disampaikan bukan berasal dari ahlinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk tindak menimbulkan polemik, sebaiknya jangan berspekulasi atau menduga-duga soal luka-luka, tentang benda ini atau benda itu. Itu nanti cukup ahli saja yang menjelaskan, " kata pengajar di Universitas Bhayangkara Jakarta ini.
 

Baca: Hasil Autopsi Pertama dan Kedua Brigadir J Bakal Dikonfrontasi


Dia mengatakan semua pihak lebih baik menunggu keterangan ahli setelah jasad Brigadir J dilakukan ekshumasi (autopsi ulang) pada Rabu, 27 Juli 2022. Autopsi ulang ini melibatkan berbagai dokter forensik dari eksternal Polri dan Perhimpunan Kedokteran Forensik Indonesia.
 
"Kita melihat Polri sangat transparan dan terbuka, termasuk memberikan izin dilakukan autopsi ulang," katanya.
 
Edi meminta Polri fokus pada pembuktian hukum secara ilmiah (scientific crime investigation) agar semua bisa dipertanggungjawabkan secara hukum. Polri harus bisa mempertanggungjawabkan konsekuensi secara hukum dan secara keilmuan agar penanganannya mendapatkan kepercayaaan dari masyarakat.
 
"Kami ajak semua pihak mengawal penanganan kasus penembakan tersebut," ujarnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif