Dua Anak Novanto Kembali Diperiksa KPK

Ilham wibowo 10 Januari 2018 12:30 WIB
korupsi e-ktp
Dua Anak Novanto Kembali Diperiksa KPK
Dua anak Setya Novanto saat tiba di Gedung KPK. Medcom.id/Ilham Wibowo.
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap dua anak mantan Ketua DPR Setya Novanto yakni Rheza Herwindo dan Dwina Michaella. Keduanya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo dan kaitannya dengan proyek kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el). 

"Keduanya kami panggil sebagai saksi untuk tersangka ASS," kata Febri melalui pesan singkat, Rabu, 10 Januari 2018. 

Rheza dan Dwina tiba bersamaan di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu 10 Januari 2018, sekitar pukul 10.00 WIB. Keduanya bungkam saat dicecar pertanyaan oleh wartawan. 


KPK meminta kedua anak Novanto ini tetap kooperatif. Reza dan Dwina perlu menjelaskan banyak hal kepada penyidik, khususnya soal pemilihan pemilik saham di PT Murakabi Sejahtera, salah satu konsorsium penggarap proyek KTP-el.

"Jelaskan ke penyidik bagaimana kepemilihan saham dari perusahaan proyek KTP-el, sebagian diuraikan di dakwaan," ujar Febri.

Pada persidangan perkara KTP-el dengan terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong, sejumlah keluarga Novanto memang disebut ikut terlibat dalam kasus megakorupsi ini.

Mereka yang disebut adalah istri Novanto, Deisti Astriani Tagor serta kedua anak Novanto yaitu Reza Herwindo dan Dwina Michaela. Dalam persidangan itu, keluarga Novanto disebut sebagai pemilik PT Mondialindo Graha Perdana.

PT Mondialindo merupakan pemilik saham terbesar PT Murakabi Sejahtera, salah satu peserta lelang proyek KTP-el. Kemudian, Dwina Michaella tercatat sebagai salah satu komisaris dari PT Murakabi sedangkan Rheza Herwindo tercatat sebagai petinggi PT Mondialindo.‎



(DRI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360