Polisi Kembali Tangkap 3 Penyebar Hoaks Bencana

Dian Ihsan Siregar 08 Oktober 2018 18:39 WIB
hoax
Polisi Kembali Tangkap 3 Penyebar Hoaks Bencana
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Kepolisian kembali menangkap penyebar berita bohong terkait bencana. Sebanyak tiga orang ditangkap, kini total ada 12 orang menjadi tersangka. 

"Ada tiga lagi. Anggara Setiawan di Barito Kuala, Kalimantan; ada juga seorang pria di Surabaya; dan satu lagi Yunan Anis ditangkap di Gorontalo Utara," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Gedung Mabes Polri, Jakarta, Senin, 8 Oktober 2018.

Setyo mengungkapkan Anggara menyebarluaskan video yang seolah-olah erupsi Gunung Soputan. Padahal, video yang disebarkan erupsi gunung di Guatemala.


(Baca juga: Sembilan Penyebar Hoaks Bencana Ditangkap)

"Kemudian ada yang di Surabaya, dia memposting informasi bohong soal Mega Trust. Yunan Anis juga ditangkap soal bencana alam di Gunung Soputan," ungkap dia.

‎Akibat perbuatannya para tersangka diancam Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang hukum pidana. Dengan ancaman maksimal dua tahun penjara. 

"A‎ncaman hukuman hanya dua tahun jadi tidak ditahan.‎ Kalau hanya itu (UU ITE), itu ringan, kita berikan yang terberat dulu," jelas jenderal bintang dua itu. 


 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id