NEWSTICKER
Buku Saku HAM Korps Brimob Polri diluncurkan di Kantor Komnas HAM, Jakarta. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Buku Saku HAM Korps Brimob Polri diluncurkan di Kantor Komnas HAM, Jakarta. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Korps Brimob Dibekali Buku Saku HAM

Nasional hak asasi manusia
Fachri Audhia Hafiez • 11 Desember 2018 11:17
Jakarta: Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meluncurkan buku saku HAM untuk Korps Brimob Polri. Buku tersebut merupakan instrumen yang menjadi panduan bagi seluruh personel Brimob.
 
"Pada kesempatan pagi ini, secara khusus kami akan meluncurkan buku saku hak asasi manusia dengan rekan dari Brimob Polri," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di kantornya, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 11 Desember 2018.
 
Buku saku ini menjabarkan secara praktis dan komunikatif Peraturan Kapolri No 8 Tahun 2009 tentang Implementasi Prinsip dan Standar HAM dalam Penyelenggaraan Tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia. Buku saku juga menjabarkan aturan-aturan lain yang terkait dalam bahasa dan langkah yang implementatif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Taufan mengatakan buku tersebut diharapkan menjadi pegangan Brimob dalam menjalankan tugas. Tak hanya patuh terhadap kewajiban, anggota Brimob juga harus menghormati, melindungi, dan memenuhi HAM.
 
Baca: Komnas HAM Yakin Tuntaskan 10 Pelanggaran HAM Berat
 
"Semoga meningkatkan komitmen anggota Brimob untuk terus menerapkan nilai-nilai dan standar norma-norma HAM," ujar Taufan.
 
Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara menjelaskan buku tersebut berisi beberapa materi soal standar HAM, pengertian dasar, dan sistem konstitusi dalam negeri. Ada pula tugas dan wewenang kepolisian.
 
"Ketika sedang menjinakkan bom, misalnya. Atau saat menangkap terduga teroris. Apakah ada pemberitahuan lebih dulu? Disiksa boleh atau tidak? keluarganya diberi informasi soal penangkapan atau tidak?" jelas Beka.
 

 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif