Korupsi. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal
Korupsi. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal

Mbah Putih Diduga Terima Suap Rp115 Juta

Nasional Pengaturan Skor Sepak Bola
Kautsar Widya Prabowo • 07 Januari 2019 15:13
Jakarta: Anggota Komisi Disiplin Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Dwi Irianto (DI) alias Mbah Putih disebut menerima duit terkait skandal pengaturan skor PS Mojokerto. Fulus diterima dari mantan manajer Deltras Sidoarjo Vigit Waluyo (VW).
 
"Terlapor DI menerima aliran dana dari VW sebesar Rp115 juta," kata Ketua Tim Media Satgas Antimafia Bola Kombes Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 7 Januari 2018.
 
Menurut dia, dana itu diduga sebagai pelicin agar PS Mojokerto mendapat promosi liga. "Tujuan memenangkan PS Mojokerto untuk dari Liga 3 menjadi Liga 2," imbuh dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Argo menjelaskan temuan ini adalah hasil dari pengembangan kasus laporan dari manajer klub Persibara Banjarnegara Lasmi Indrayani. Penyidik telah menerbitkan laporan model A atau laporan yang dibuat polisi.
 
Sementara itu, laporan yang dibuat Lasmi menyebutkan adanya sejumlah pihak yang meminta uang agar tim bisa naik dari Liga 3 ke Liga 2. Laporan Lasmi teregistrasi dengan nomor LP/6990/XII/2018/PMJ/Dit Reskrimum, tanggal 19 Desember 2018.
 
Baca: Nasib Para Tersangka Ditentukan Pada Kongres PSSI
 
Lasmi melaporkan Anik Yuni, wasit futsal berlisensi, dan Priyanto, eks anggota Komisi Wasit PSSI. Keduanya dilaporkan melanggar Pasal 378 KUHP dan/atau Pasal 372 KUHP dan/atau Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap dan/atau Pasal 3, 4, 5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.
 
"Setelah dilakukan klarifikasi terhadap saksi-saksi dan setelah dilaksanakan mekanisme gelar perkara maka pada 24 Desember 2018 telah dinaikkan ke penyidikan," kata Argo, Rabu, 26 Desember 2018.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif