Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

2 Tersangka Suap di Hulu Sungai Utara Diadili di Banjarmasin

Nasional KPK Kasus Suap kasus korupsi Pengadilan korupsi di Hulu Sungai Utara
Fachri Audhia Hafiez • 19 November 2021 11:02
Jakarta: Jaksa penuntut umum (JPU) merampungkan berkas perkara Direktur CV Hanamas, Marhaini, dan Direktur CV Kalpataru, Fachriadi. Kedua tersangka dugaan suap pengadaan barang dan jasa di Hulu Sungai Utara (HSU) pada 2021-2022 itu bakal diadili di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
 
"Tim jaksa telah melimpahkan berkas perkara Fachriadi dan Marhaini ke pengadilan," ujar pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ipi Maryati Kuding melalui keterangan tertulis, Jumat, 19 November 2021.
 
Menurut dia, penahanan kedua tersangka suap itu kini menjadi kewenangan Pengadilan Tipikor Banjarmasin. Keduanya dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Banjarmasin selama proses persidangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Baru Tahan Bupati HSU Sejak OTT, Ini Penjelasan KPK
 
"Tim jaksa selanjutnya menunggu penetapan penunjukkan majelis hakim dan penetapan hari sidang dengan agenda awal pembacaan surat dakwaan," ucap Ipi.
 
Fachriadi dan Marhaini didakwa dengan Pasal 5 ayat (1) huruf a Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 64 ayat (1) KUHP atau Pasal 13 UU Tipikor jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.
 
Kasus ini turut menyeret pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan (PUPRP) HSU Maliki. Bupati HSU Abdul Wahid juga pernah diperiksa sebagai saksi dalam perkara ini. 

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif