Terdakwa kasus suap pembangunan PLTU Riau-I Idrus Marham saat bersaksi di Pengadilan Tipikor - MI/Susanto.
Terdakwa kasus suap pembangunan PLTU Riau-I Idrus Marham saat bersaksi di Pengadilan Tipikor - MI/Susanto.

Idrus Marham Tak Masalah Diborgol

Nasional kpk
Nur Azizah • 02 Januari 2019 20:49
Jakarta: Terdakwa kasus suap pembangunan PLTU Riau-I Idrus Marham tak keberatan dengan aturan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kini, tiap tahanan yang keluar dari rumah tahanan bakal diborgol.
 
"Segala yang dilakukan KPK itu sebagai format penegakan hukum keadilan. Kita hormati," kata Idrus di Gedung Tindak Pidana Korupsi, Jalan Bungur, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Januari 2019.
 
Mantan Menteri Sosial ini siap mengikuti aturan. Hari ini saja, kata idrus, dia diborgol dari rumah tahanan (rutan) KPK menuju gedung Tipikor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahun ini, KPK mulai menerapkan sistem borgol terhadap tahanan korupsi yang keluar dari rumah tahanan. Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan aspek edukasi publik dan keamanan jadi pertimbangan penerapan aturan itu.
 
(Baca juga:Pertimbangan KPK Memborgol Koruptor)
 
Sebelum menerapkan aturan borgol, terlebih dahulu KPK mendengar masukan dari kalangan masyarakat. Selain itu, KPK juga melakukan komparasi aturan pengelolaan tahanan oleh instansi penegak hukum lain.
 
Sehingga, untuk pertimbangan keamanan, KPK mulai menerapkan ketentuan pada Peraturan KPK Nomor 01 Tahun 2012 tentang Perawatan Tahanan pada Rumah Tahanan KPK. Khususnya Pasal 12 ayat (2) yang mengatur bahwa dalam hal tahanan dibawa ke luar Rutan, dilakukan pemborgolan.

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi