Kapolri Jenderal Tito Karnavian--Antara/Akbar Nugroho Gumay
Kapolri Jenderal Tito Karnavian--Antara/Akbar Nugroho Gumay

Kapolri Soroti Minimnya Jumlah Polwan

Nasional polri
Dian Ihsan Siregar • 27 Desember 2018 16:26
Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyoroti minimnya jumlah polisi wanita (Polwan) di Indonesia. Tito menyebutkan jumlah Polwan mencapai 36.595 orang atau setara 8,3 persen dari total anggota polisi sebesar 443.379 di 2018.

"Saya belum tidak puas dengan angka (jumlah kepolisian). Ini belum menggambarkan prinsip equality emansipasi," ucap Tito, ditemui dalam acara 'Rilis Akhir Tahun 2018 Kepolisian RI' di Ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 27 Desember 2018.

Tito menganggap Polwan bisa lebih dekat dengan saksi atau tersangka pada saat menjalani proses hukum. Apalagi angka koruptif di Polwan lebih sedikit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Paling utama dekat kepada saksi maupun korban, apalagi pada saat tersangka wanita. Polwan juga lebih kebal terhadap budaya koruptif," tegas Tito. Baca: Sisi Keibuan Polwan Diharap Mampu Atasi Daerah Konflik

Tito berharap tahun depan ada peningkatan jumlah anggota Polwan. "Perlu ada peningkatan rekrutmen polwan. Maka, prinsip equality dan Indonesia banyak didominasi oleh wanita. Ini akan bisa lebih baik," tukas dia.


(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi