Kasus Pemerkosaan Mahasiswi UGM Dilimpahkan ke Polda Maluku

Dian Ihsan Siregar 20 November 2018 02:04 WIB
pemerkosaan
Kasus Pemerkosaan Mahasiswi UGM Dilimpahkan ke Polda Maluku
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)
Jakarta: Kasus dugaan pemerkosaan mahasiswi Universitas Gajah Mada (UGM) dilimpahkan ke Kepolisian Daerah (Polda) Maluku oleh Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pelimpahan dilakukan mengingat lokasi diduga terjadi pemerkosaan berada di Pulau Seram, Maluku.

"Dalam proses pemeriksaannya tim yang dibentuk oleh Polda DIY Yogyakarta sudah cukup lengkap, karena lokus dan temposnya di Seram. Jadi telah diliimpahin ke sana," Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo‎ di Mabes Polri, Jakarta, Senin, 19 November 2018.

Setelah dilimpahkan, kepolisian akan melakukan gelar perkara dan mencari alat bukti. Hasil gelar perkara akan menjadi bahan menyimpulkan ada tidaknya pemerkosaan atau pelecehan seksual.


Menurut Dedi, Polda DIY telah mengumpulkan keterangan sejumlah pihak. Termasuk, pihak kampus UGM. ‎‎"Polda DIY sudah (diperiksa) untuk mendalami kasus tersebut," jelas mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu.

Kabid Humas Polda DIY AKBP Yulianto mengatakan, Polda Maluku mendapat kewenangan penuh memutuskan status hukum kasus ini. Naik atau tidaknya kasus ke tingkat penyidikan ada di tangan penyidik Polda Maluku. "Tergantung dari sana. Kita sudah melakukan penyelidikan," kata Yulianto. 

Mahasiswi UGM berinisial AN diperkosa teman sekampusnya, HS pada 2017. Insiden terjadi saat korban dan pelaku melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Pulau Seram, Maluku. Kasus itu terungkap dalam laporan Badan Penerbitan Pers Mahasiswa (BPPM) Balairung UGM.
 
Kasus pemerkosaan mendapat sorotan civitas akademika UGM. Puluhan mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UGM sempat menggelar aksi dukungan kepada AN, Kamis, 8 November 2018.



(AGA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id