Sidang terdakwa Lucas - Medcom.id/Isfan Harun.
Sidang terdakwa Lucas - Medcom.id/Isfan Harun.

Eddy Sindoro Pakai Paspor Palsu Kabur Keluar Negeri

Nasional suap di ma
11 Januari 2019 11:31
Jakarta: Eks bos Lippo Group Eddy Sindoro diketahui kabur keluar negeri menggunakan paspor palsu. Eddy kabur untuk menghindari penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
Hal ini diungkapkan anak Eddy, Michael Sindoro, saat bersaksi buat terdakwa Lucas, mantan pengacara Eddy di Pengadilan Tipikor, Jakarta.
 
"Mr Tan telepon saya, kasih tahu kalau ada masalah di sini (Malaysia) tapi dia nggak kasih tahu masalahnya apa. Saya tahu dari Jimmy (pembantu Eddy) kalau masalahnya karena paspor palsu," kata Michael, Kamis, 10 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Michael mengaku baru tahu ayahnya menggunakan paspor Dominika untuk melewati imigrasi di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia. Ketika dicecar soal paspor palsu itu, Michael mengaku tak tahu di mana mendapatkannya.
 
"Saya tidak tahu kalau soal pembuatanya di mana," tutur dia.
 
(Baca juga:Anak Eddy Sindoro Ubah BAP)
 
Dalam persidangan, Michael sempat mengubah keterangannya dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Awalnya dia mengaku kerap dihubungi Lucas terkait masalah ayahnya di Malaysia.
 
Belakangan dia mengubah keterangan itu, dan menyebut yang menghubunginya terkait permasalahan ayahnya adalah Mr. Tan. Namun, Michael mengaku tidak begitu mengenal Mr. Tan.
 
Diketahui, Eddy Sindoro sempat dideportasi ke Indonesia oleh otoritas Malaysia lantaran kedapatan menggunakan paspor palsu. Saat sampai di Indonesia, Eddy kembali dilarikan keluar negeri lantaran menghindari penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)terkait kasus suap pengurusan sejumlah perkara beberapa perusahaan di bawah Lippo Group yang ditangani di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.
 
Dalam pelarian itu diketahui dibantu oleh Lucas. Namun, dalam sejumlah kesempatan Lucas membantahnya. (Isfan Harun)
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi