Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

11 Pejabat Kabinet Indonesia Maju Belum Serahkan LHKPN

Nasional lhkpn
M Sholahadhin Azhar • 03 Desember 2019 16:02
Jakarta: Juru bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan pihaknya masih menunggu Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Tercatat, 11 pejabat di Kabinet Indonesia Maju belum menyerahkan laporan.
 
"Yaitu enam orang menteri, satu kepala badan, serta empat orang wakil menteri," kata Febri saat dikonfirmasi, Selasa, 3 Desember 2019.
 
Dia menuturkan pelaporan LHKPN 11 penyelenggara negara ditunggu hingga 20 Januari 2020. Pejabat negara menyerahkan LHKPN maksimal tiga bulan setelah menjabat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Febri melanjutkan menteri dan wakil menteri yang telah melaporkan LHKPN bisa melaporkan secara periodik pada 1 Januari hingga 31 Maret 2019.
 
"Selain itu, KPK juga sudah menyelesaikan pembahasan tentang sejumlah pejabat baru di lingkungan kepresidenan, wakil presiden ataupun menteri kabinet," kata Febri.
 
Mereka yang wajib menyerahkan LHKPN ialah staf khusus atau staf ahli setara eselon I. Hal ini sesuai Pasal 2 angka 7 dan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang bersih dari KKN.
 
"KPK juga menunggu pelaporan LHKPN dari para staf khusus, staf ahli baik di lingkungan kepresidenan, wakil presiden ataupun Kementerian yang jabatannya setara eselon I atau terdapat aturan khusus di Kementerian masing-masing tentang wajib lapor LHKPN," kata Febri.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif