Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Polri Diminta Larang Pertandingan Liga 1 dan Liga 2

Nasional polri Virus Korona liga 1 indonesia liga 2 indonesia
Siti Yona Hukmana • 24 September 2020 10:36
Jakarta: Polri diminta tidak memberi izin pelaksanaan pertandingan sepak bola Liga 1 dan Liga 2 pada awal Oktober 2020. Sebab, pertandingan dikhawatirkan akan menimbulkan klaster baru virus korona (covid-19).
 
"Dilarangnya liga 1 dan 2 pada awal Oktober ini, sama artinya Polri akan menyelamatkan pelaksanaan Piala Dunia U-20 di Indonesia pada pertengahan 2021 mendatang," kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane melalui keterangan tertulisnya, Kamis, 24 September 2020.
 
Neta memandang Polri memiliki kewenangan melarang pertandingan sepak bola tersebut. Polri, kata dia, bisa mengizinkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk melanjutkan kompetisi Liga 1, yang akan dimulai 1 Oktober 2020. Kemudian Home Tournament Liga 2 yang digelar di empat kota yakni Medan, Riau, Lampung dan Cilacap, pada 17 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika LIB tetap menggelar Liga 1 yang dipusatkan di Yogyakarta bagi enam klub di luar Jawa, seperti Persiraja Banda Aceh, Barito Putra, Borneo FC, Bali United, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura, dikhawatirkan akan melahirkan klaster baru pandemi covid-19," kata Neta.
 
Baca: Ada 1.146 Klaster Covid-19 di Indonesia
 
Neta menilai pelarangan pertandingan sepak bola sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang mengutamakan masalah kesehatan dan kemanusian, ketimbang ekonomi. Kemudian, menerapkan maklumat Kapolri Jenderal Idham Aziz tentang semboyan 'Salus Populi Suprema Lex Esto' artinya Keselamatan Rakyat Merupakan Hukum Tertinggi.

 
Halaman Selanjutnya
Neta mengatakan tak ada yang…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif