Ketua KPK Firli Bahuri/Branda Antara
Ketua KPK Firli Bahuri/Branda Antara

Firli: Orang Lebih Takut Miskin Ketimbang Ditahan

Candra Yuri Nuralam • 07 Juli 2022 10:02
Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri membahas pengusutan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan negara peserta Anti-Corruption Working Group (ACWG) G20. Langkah hukum itu dinilai penting memberikan efek jera dalam penanganan kasus korupsi.
 
"Orang tidak takut hukuman badan (ditahan), tapi takut dimiskinkan," kata Firli melalui keterangan tertulis, Kamis, 7 Juli 2022.
 
Penegak hukum didorong menerapkan pasal pencucian uang dalam penanganan kasus korupsi. Jika ada bukti yang cukup, penegak hukum diminta langsung tancap gas mencari harta yang disembunyikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita ajak semua aparat penegak hukum agar setiap tindak pidana korupsi dilekatkan dengan tindak pidana pencucian uang," tutur Firli.
 

Baca: KPK Selisik Aliran Uang yang Diterima Keluarga Nurhadi


Pelaku korupsi kerap menyamarkan hartanya di luar negeri. Supaya, penegak hukum kesulitan mencari harta hasil korupsi yang dinikmati para pelaku.
 
Firli berharap adanya kerja sama antarnegara peserta ACWG G20 dalam pengusutan pencucian uang. Kerja sama itu diyakini bisa memaksimalkan pencarian harta pelaku korupsi yang disembunyikan di luar negeri.
 
"Karena sesungguhnya korupsi tidak bisa hanya ditangani dengan cara penindakan, menghukum orang," ujar Firli.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif