Bambang Widjojanto. (Foto:MI/Ardi)
Bambang Widjojanto. (Foto:MI/Ardi)

KPK Godok Penyelesaian Penguasaan Tanah Hutan

Nasional kpk nota kesepahaman
Yogi Bayu Aji • 07 November 2014 14:21
medcom.id, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menandatangi nota kesepahaman bersama (NTB) soal penyelesaian penguasaan tanah di kawasan hutan dengan lembaga terkait.
 
Lembaga antirasuah pun kembali meninjaklanjuti NTB itu dengan Kementerian Kehutanan, Kementerian Dalam Negeri dan Badan Pertanahan Nasional (BPN).
 
"Jadi, terakhir kira-kira 17 Oktober 2014, teman-teman kementerian berhasil membuat peraturan bersama mengenai tata cara penyelesaian penguasan tanah di kawasan hutan. Jadi, kami mendiskusikan lebih lanjut sejauh mana proses itu sudah dilakukan," ujar Komisioner KPK, Bambang Widjojanto di kantornya, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (7/11/2014).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari pertemuan itu, Bambang menjelaskan telah menemukan beberapa isu menarik. Salah satunya, harmonisasi peraturan perundangan di bidang agraria, kehutanan, dan lingkungan.
 
Untuk itu, lembaga-lembaga ini diminta berkoordinasi jikalau ada kendala di lapangan perihal peraturan ini. "Muncul bahwa perlu dibuat petunjuk teknis standar operating procedure yang memungkinan supaya proses peraturan bersama ini bisa ditindlanjuti dengan cukup baik," tukas Bambang.
 

(LOV)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif