Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy Pujianto
Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy Pujianto

Sembilan Nama Lolos Seleksi Calon Sekjen KPK

Nasional kpk
Juven Martua Sitompul • 24 Mei 2019 08:55
Jakarta: Sembilan dari 200 pendaftar calon Sektetaris Jenderal (Sekjen) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinyatakan lolos tes administrasi. Sembilan orang itu akan menjalani tahapan-tahapan selanjutnya.
 
"Jadi sembilan orang lulus tes administrasi dan nanti mulai besok dan lusa akan di tes teknis, tes kompetensi dan tes yang lainnya," kata juru bicara KPK Febri Diansyah melalui pesan singkat, Jakarta, Jumat, 24 Mei 2019.
 
Di tahap akhir, kata Febri, tim Pansel Sekjen KPK akan memilih tiga dari sembilan calon untuk mengikuti tes wawancara. Tiga nama itu kemudian diusulkan ke Presiden Joko Widodo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sampai akhirnya wawancara dilakukan dan tiga orang akan diusulkan pada presiden," ujarnya.
 
Febri mengatakan latar belakang sembilan nama yang lolos tes administrasi ini beragam. Bahkan, ada juga peserta dari internal KPK yang lolos tes tahap awal tersebut.
 
"Jadi nanti sembilan orang yang akan diseleksi oleh panitia seleksi yang sudah dibentuk, semoga KPK bisa mendapatkan tiga nama nanti yang akan diusulkan pada presiden," kata dia.
 
Berikut profil singkat sembilan calon Sekjen KPK:
 
1. Asep Rahmat Suwandha, Koordinator Unit Koordinasi dan Supervisi Pencegahan KPK; pendidikan terakhir S2 Universitas Indonesia, Ekonomi dan Keuangan Syariah
 
2. Budi Achmad Djohari, Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, MK-RI; Pendidikan terakhir S1 STAN (1994), Pendidikan Reguler Angkatan LV di Lemhannas (2016)
 
3. Cahya Hardianto Harefa, Direktur Pengaduan Masyarakat KPK; pendidikan terakhir S2 University of Western Sydney (1999)
 
4. Ellen Geiby Tulangow, Procurrement Division Head PT Pembangunan Jaya Ancol; pendidikan terakhir S2 Universitas Indonesia, Magister Manajemen (2003)
 
5. Hiskia, Inspektur LIPI; pendidikan terakhir S2 Universitas of South Australia (2013)
 
6. Jonny Sinaga, duta Besar RI untuk Argentina (2014-2017), pendidikan terakhir S2 Tulane Law School, New Orleans (1992)
 
7. Nanang Priyatna, Kepala Biro Keuangan KPU-RI; pendidikan terakhir S2 STIA LAN (2018)
 
8. Naziarto, Direktur Penanganan Fakir Miskin Pedesaan, Kementerian Sosial, pendidikan terakhir S3 Universitas Jayabaya, Ilmu Hukum Ekonomi (2018)
 
9. Wawan Wardiana, Direktur Litbang KPK; pendidikan terakhir S3 Universitas Padjajaran, Ilmu Komunikasi.

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif