Ilustrasi pencurian - Medcom.id
Ilustrasi pencurian - Medcom.id

Karyawan Bank Gasak Uang Nasabah Rp14 Juta

Nasional pencurian
Siti Yona Hukmana • 08 Juli 2019 11:33
Jakarta: Pegawai sebuah bank Rio, 42, menggasak Rp14,1 juta dari kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik Haris, 49. Rio mencuri kartu itu di mesin ATM yang terletak di Jalan Karang Tengah, Cilandak, Jakarta Selatan pada Jumat, 1 Februari 2019.
 
Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Cilandak Iptu Sofyan mengungkapkan peristiwa bermula saat Haris mengambil uang di sebuah mesin ATM. Rio mengikuti dan memerhatikan gerak-gerik Haris. Saat lengah, kartu ATM milik Haris dicuri.
 
Haris baru sadar kartu ATM-nya dicuri beberapa minggu kemudian. Saat menarik uang di bank, ternyata saldo dalam ATM telah berkurang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Uangnya terkuras Rp14,1 juta," kata Sofyan saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, 8 Juli 2019.
 
(Baca juga:Kerabat Prabowo Diduga Tak Sendirian Membobol ATM)
 
Haris lantas melaporkan hal itu pada pihak kepolisian. Setelah melakukan penyelidikan, polisi menangkap Rio empat bulan kemudian tepatnya pada 4 Juni 2019.
 
"Setelah ditelusuri, kami menangkap pelaku dan memeriksanya. Ternyata dia adalah orang dalam bank itu sehingga bisa membobol ATM korban," ungkap Sofyan.
 
Namun, Sofyan enggan membeberkan identitas perusahaan bank tersebut. Sofyan menyebut Rio kerap menggunakan uang hasil curian untuk berjudi.
 
"Katanya, uangnnya dipakai untuk balapan liar," pungkas Sofyan.
 
Atas perbuatannya itu, Rio dijerat Pasal363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian dengan pemberatan. Dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif