Mobil milik mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim disita Kejaksaan Agung. Foto: Medcom.id/Cindy
Mobil milik mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim disita Kejaksaan Agung. Foto: Medcom.id/Cindy

Kejaksaan Sita Kendaraan Eks Dirut Jiwasraya

Nasional Jiwasraya
Cindy • 16 Januari 2020 01:43
Jakarta: Sejumlah barang bukti yang digeledah dari kediaman mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim tiba di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Rabu, 15 Januari 2019 sekitar pukul 21.20 WIB. Keponakan Hendrisman, Andimas turut ikut saat pengangkutan aset tersebut.
 
"Kami kooperatif, buktinya ini saya bawa motor dan mobil punya om (Hendrisman Rahim) ke Kejagung kan," kata Andimas di Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Andimas mengaku pihak keluarga merasa terpukul atas kasus yang menjerat pamannya. Walau begitu pihak keluarga akan kooperatif membantu penanganan kasus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihak keluarga belum menjenguk Hendrisman usai ditahan di Rumah Tahanan Pomdam Jaya Guntur pada Selasa, 14 Januari 2020. Andimas mengatakan belum menentukan jadwal kunjungan keluarga untuk bertemu Hendrisman.
 
"Belum, belum jengkuk ke sana. Om (Hendrisman Rahim) Alhamdulilah sehat ya," ucap Andimas.
 
Kejaksaan Agung sebelumnya menggeledah rumah milik tersangka kasus suap PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim (HSR) dan Hary Prasetyo (HP) pada Rabu, 15 Januari 2020. Setidaknya ada tiga lokasi yang digeledah.
 
"Sementara ini ada tiga tempat, masih berproses. Ada di tempat HP kemudian tempat HSR. Itu yang kita periksa," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Hari Setiyono di Kompleks Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Sementara tiga tersangka lainnya yakni Syahmirwan, Heru Hidayat dan Benny Tjokrosaputro menunggu jadwal penggeledahan aset selanjutnya. Kejaksaan masih fokus mengumpulkan sejumlah alat bukti dari kediaman Hendrisman dan Hary.
 
Dalam perkara ini, Kejagung menetapkan lima orang tersangka kasus dugaan korupsi PT Jiwasraya. Kelimanya ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan bukti yang cukup.
 
Kelima orang yang ditetapkan sebagai tersangka yakni mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya, Hendrisman Rahim; mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan PT Jiwasraya, Syahmirwan; mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya; Hary Prasetyo, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM), Heru Hidayat; dan Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro.
 
Kelima tersangka dijerat Pasal 2 ayat (1) juncto Pasal 18 ayat (1) huruf b UU Nomor 31 Tahun 1999 Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.
 

 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif