Bawaslu Umumkan Status Ratna Besok
Ratna Sarumpaet (baju biru) tiba di Mapolda Metro Jaya. Foto: Antara/ Akbar Nugroho Gumay
Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan memutuskan status laporan terkait Ratna Sarumpaet, Kamis, 25 Oktober 2018. Keputusan itu akan diambil tanpa melibatkan kesaksian Ratna.

Sedianya, Ratna diperiksa tim Gakkumdu Bawaslu siang tadi. Namun, Ratna menolak dengan alasan sedang tidak sehat.

“Dia maunya diperiksa pada Jumat, sedangkan besok waktu terakhir kami untuk memutuskan. Jadi, waktunya tidak cocok,” kata Komisioner Bawaslu Fritz Edward Siregar dalam program Primetime News Metro TV, Jakarta, Rabu, 24 Oktober 2018.


Fritz menyampaikan pemeriksaan terhadap Ratna bukan tiba-tiba. Jadwal pemeriksaan sudah ditetapkan dari jauh hari.

“Kami sudah kirim surat ke dia dan Polda untuk melakukan pemeriksaan hari ini. Tim Bawaslu bukan tiba-tiba, ini sudah direncanakan,” ucap dia.

Malam ini, Bawaslu akan menggelar rapat pleno untuk mengambil keputusan terkait status laporan mengenai Ratna. Pengambilan keputusan akan mempertimbangkan saksi, alat bukti serta para ahli.

Bila Ratna terbukti melakukan tindak pidana pemilu maka laporan itu akan disampaikan ke polisi. Polisi nantinya akan melakukan penyidikan lanjutan.

Sebelumnya Garda Nasional Untuk Rakyat (GNR), relawan Pro Joko Widodo (Projo), dan Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin mengadukan dugaan pelanggaran kesepakatan kampanye damai dan antihoaks ke Bawaslu. Pelaporan terkait kebohongan Ratna soal penganiayaan di kawasan Bandung, Jawa Barat pada 21 September 2018.

Saat itu, Ratna merupakan anggota BPN Prabowo-Sandiaga Uno. Prabowo bahkan sempat mempercayai keterangan Ratna hingga menggelar konferensi pers. 

Ratna kemudian mengaku semua cerita itu bohong. Pada Jumat, 21 September 2018, Ratna justru berada di salah satu rumah sakit kecantikan untuk melakukan bedah plastik.



(SCI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id