Plt juru bicara KPK, Ali Fikri/Antara/M Risyal Hidayat.
Plt juru bicara KPK, Ali Fikri/Antara/M Risyal Hidayat.

KPK Ultimatum Pihak yang Membawa Kabur Barang Bukti Korupsi Pajak di Kalimantan

Nasional KPK Kasus Suap kasus korupsi korupsi pajak Kementerian Keuangan
Candra Yuri Nuralam • 14 April 2021 06:25
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan bakal menindak siapa pun yang berani membawa kabur truk berisi barang bukti kasus korupsi pajak di Kalimantan. Penindakan bakal dilakukan sekalipun pelakunya dari internal KPK.
 
"Prinsipnya kami akan tegas terhadap pihak-pihak yang sengaja menghalangi baik langsung atau tidak langsung terhadap proses penyidikan perkara ini," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu, 14 April 2021.
 
Beredar kabar yang menyebut ada kebocoran surat tugas penggeledahan di PT Jhonlin Baratama, tempat truk itu berada. Kebocoran informasi itu dimanfaatkan beberapa orang untuk memindahkan truk yang dimaksud.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebocoran informasi itu dikaitkan dengan pihak internal KPK. Pasalnya, hanya orang di Lembaga Antikorupsi yang bisa mengetahui surat izin penggeledahan. Lembaga Antikorupsi tidak mau memfitnah pegawainya terlebih dahulu.
 
"Kami tidak ingin berspekulasi terkait opini adanya kebocoran kegiatan tersebut," ujar Ali.
 
Baca: Ada Dugaan Kebocoran Informasi, KPK Diminta Evaluasi Internal
 
Sebelumnya, KPK kesulitan mendalami kasus dugaan rasuah terkait pemeriksaan perpajakan pada 2016 sampai 2017 di Direktorat Pajak. Dokumen terkait kasus itu hilang.
 
Penyidik awalnya mendapatkan informasi dokumen itu disimpan di sebuah truk di Kecamatan Hampang, Kota Batu, Kalimantan Selatan. Namun, saat disambangi dokumen itu sudah berpindah tempat.
 
KPK mengultimatum siapa pun yang berani memindahkan truk tersebut. Komisi Antirasuah tidak segan menindak orang yang memindahkan truk itu dengan pasal perintangan penyidikan.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif