Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Dok. Kemenko Polhukam
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Dok. Kemenko Polhukam

Pemerintah Akan Tindak Tegas Pelaku Teror di Sigi

Nasional terorisme teroris kasus pembunuhan
Theofilus Ifan Sucipto • 29 November 2020 15:31
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Operasi Tinombala memburu pembunuh dan pembakar sejumlah rumah warga serta rumah ibadah di Desa Lembatangoa, Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng). Pengejaran dilakukan dengan strategi yang matang.
 
“Pemerintah akan melakukan tindakan tegas dan memburu melalui tim Satgas Operasi Tinombala,” tegas Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dalam pernyataannya secara virtual di Jakarta, Minggu, 29 November 2020.
 
Mahfud menyebut Satgas Operasi Tinombala telah menyampaikan tahap-tahap yang dilakukan untuk memburu pelaku teror. Salah satunya mengepung tempat yang dicurigai berkaitan dengan pelaku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pelakunya adalah MIT atau Mujahidin Indonesia Timur (MIT). Sisa-sisa kelompok Santoso ada beberapa orang lagi dan Satgas Tinombala sedang mengejar,” ujar dia.
 
Baca: Aparat Didesak Temukan Pelaku Teror di Sigi
 
Mahfud menegaskan pemerintah mengutuk keras tindakan pelaku teror tersebut. Pemerintah juga menyampaikan duka yang mendalam kepada keluarga korban.
 
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengimbau seluruh umat beragama, khususnya di Sulteng, dapat memperkuat tali silaturahmi. Dengan begitu, tidak terprovokasi isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).
 
“Setiap perkembangan akan diinformasikan,” papar Mahfud.
 
Satu keluarga di Desa Lemba Tongoa, Kabupaten Sigi, Palu, Sulawesi Tengah, dibunuh pada Jumat, 27 November 2020. Pelaku diduga kelompok teroris.
 
Pada peristiwa itu, satu rumah pelayanan atau rumah yang dijadikan sebagai tempat ibadah oleh warga turut dibakar. Perkampungan dihuni sekitar 40 kepala keluarga (KK).
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif