Kabareskrim Komjen Listyo Sigit. MI/Andri Widiyanto
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit. MI/Andri Widiyanto

Bareskrim Gencarkan Kampanye Aman Menggunakan Media Sosial

Nasional media sosial
Arga sumantri • 19 Juni 2020 23:19
Jakarta: Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri terus menggencarkan upaya pencegahan tindakan kejahatan di ruang siber. Salah satu caranya dengan menggelar kegiatan Cyber Police Festival 2020.
 
Kepala Bareskrim Mabes Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan kegiatan yang berisi lomba fotografi, infografis, essay, dan video pendek ini bertujuan mengampanyekan gerakan aman bersosial media. Harapannya, masyarakat terus berinisiatif membangun konten positif di media sosial.
 
"Sehingga, memerlukan cyber campaign yang mengajak masyarakat untuk aman bersosial media," kata Listyo di Jakarta, Jumat, 19 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, strategi pencegahan melalui kampanye siber sengaja dilakukan untuk membangun kesadaran keamanan di jagat maya. Terlebih, tren kejahatan di media sosial meningkat signifikan lima tahun terakhir.
 
Dia memaparkan jumlah kejahatan siber meningkat sebesar 75,73 persen pada 2015 sampai 2019. Pada 2015, jumlah kejahatan siber sebanyak 2.609 kasus. Sedangkan 2019, jumlahnya menjadi 4.585 kasus.
 
Sementara itu, kemampuan Polri dalam menyelesaikan kasus kejahatan siber dalam lima tahun itu disebut meningkat sebesar 265,70 persen. Dari 624 kasus terselesaikan pada 2015, menjadi 2.282 kasus yang dapat diselesaikan pada 2019.
 
Jumlah kejahatan siber yang terjadi sejak Januari hingga pertengahan Juni 2020 mencapai 2.259 kasus. Sebanyak 527 kasus telah diselesaikan.
 
"Kejahatan siber yang paling tinggi secara berturut-turut meliputi penipuan, pencemaran nama baik, ujaran kebencian, pornografi, dan penyebaran konten bermasalah," ujarnya.
 
Listyo menambahkan tingginya aktivitas masyarakat di dunia maya sangat terasa selama masa pandemi virus korona (covid-19). Sebab, aktivitas lapangan masyarakat dikurangi untuk menekan risiko penularan virus korona.
 
Cyber Police Festival diselenggarakan bersamaan dengan peringatan Hari Bhayangkara ke-74. Peringatan itu tidak dilakukan seremoni upacara seperti biasanya akibat pandemi.
 
"Jadi kita meriahkan Hari Bhayangkara bersama masyarakat," ujarnya.
 

(AZF)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif