Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. Medcom.id/ Ilham Pratama.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. Medcom.id/ Ilham Pratama.

Suami Istri Bawa Kabur Duit Rp20 M Milik Nasabah

Nasional penipuan
Ilham Pratama Putra • 11 Februari 2019 23:02
Jakarta: George alias GRH dan istrinya, Lyana atau LW, ditetapkan menjadi tersangkapenipu, penggelapan, dan pencucian uang dengan modus penjualan valuta asing (valas). Keduanya diciduk awal Februari 2019 di Tangerang Selatan (Tangsel).
 
Ada empat orang yang menjadi korban George dan Lyana. Mereka adalah warga Tangsel; Sumatera Utara; Surabaya, Jawa Timur; dan Jakarta Barat.
 
"Korban merugi Rp15 miliar sampai Rp20 miliar," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Senin, 11 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Argo, modus yang dipakai George dan Lyana sederhana. Keduanya merayu, menawarkan, lalu menjual valas kepada korban. Tapi, setelah setelah uang rupiah diterima, mereka justru membelanjakan duit korban untuk kebutuhan pribadi.
 
Argo menambahkan, untuk menutupi kerja culas mereka, George dan Lyana memberikan bukti transfer palsu dan transaksi fiktif. Semua barang bukti itu kini sudah di tangan polisi. George dan Lyana dijerat Pasal 378 dan 372 KUHP tentang Tindak Pidana Perbankan dengan masa kurungan empat tahun.
 
"(Kami) mengimbau masyarakat tidak mudah terbujuk iming-iming, apalagi yang tak masuk akal," ujar Argo.
 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif