Jika Amien Dikriminalisasi, PA 212 Siap Melawan
Massa Perkumpulan Alumni (PA) 212 mulai berdatangan ke Masjid Jami Al-Munawwar, Pancoran, Jakarta Selatan--Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.
Jakarta: Perkumpulan Alumni (PA) 212 berangkat dari Masjid Al-Munawar, Jakarta Selatan, untuk mengawal pemeriksaan Amien Rais di Polda Metro Jaya. PA 212 bakal melawan jika Amien dikriminasi.

"Saya perlu ingatkan kepada kepolisian, jika Polda akan kriminalisasi Bapak Amien Rais atau yang lainnya, kami akan terus melawan dan mengerahkan massa yang besar," ujar Wakil Ketua Umum PA 212 Asep Syaripudin saat berorasi di Masjid Al-Munawar, Jakarta Selatan, Rabu, 10 Oktober 2018.

Dia mengancam PA 212 tidak akan bergeser dari area Polda Metro Jaya apabila Amien Rais sampai dikriminalisasi. "Kita tidak akan bergeser dari Polda Metro Jaya," tegasnya.


Pemanggilan terhadap Amien Rais dinilai sebagai kekeliruan besar oleh kepolisian. Kemudian, hal tersebut juga dinyatakan sebagai bentuk pembodohan publik. "Amien tidak pernah berbohong, apalagi menyebarkan kebohongan," paparnya.

Baca: Massa Kawal Amien Rais akan Konvoi ke Polda Metro

Amien Rais dijadwalkan akan diperiksa di Polda Metro Jaya hari ini. Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) itu bakal diperiksa sebagai saksi terkait kasus penyebaran informasi palsu oleh Ratna Sarumpaet.

Ini merupakan panggilan kedua setelah Amien mangkir pada pemanggilan pertama, Jumat, 5 Oktober 2018. Terkait kasus tersebut, Ratna kini sudah menyandang status tersangka dan telah ditahan sejak Jumat, 5 Oktober 2018, hingga 20 hari ke depan.

Ratna ditangkap di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Kamis, 4 Oktober 2018 malam. Penangkapan dilakukan sebelum ia terbang ke Chile.

Akibat perbuatannya Ratna disangka Pasal 14 Undang-Undang (UU) 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Ia terancam hukuman 10 tahun penjara.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id