Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo--MI/Rommy Pujianto
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo--MI/Rommy Pujianto

KPK Dukung Jokowi

Nasional pemberantasan korupsi
M Sholahadhin Azhar • 16 Agustus 2019 14:50
Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengapresiasi pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo di Sidang Tahunan MPR/DPR. Dia menjamin KPK mendukung penuh komitmen antikorupsi dari Jokowi.
 
"Dua-duanya harus berjalan, penindakan yang tegas serta pencegahan yang menghasilkan penyelamatan keuangan negara. Termasuk percepatan perubahan tata kelola, manajemen dan sistem," ujar Agus melalui pesan singkat, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Dia menukil pidato Jokowi tentang penegakan hukum yang harus didukung. Menurut dia, KPK sudah melakukan penegakan hukum tanpa pandang bulu, utamanya terkait korupsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam hal penindakan, langkah yang tegas tanpa pandang bulu harus, dan wajib tetap dilaksanakan," ujar Agus.
 
KPK, kata dia, ke depan akan lebih fokus ke pencegahan korupsi, terutama di sektor-sektor strategis. Pencegahan akan lebih banyak menyelamatkan uang negara ketimbang penindakan. Karena uang negara tak sempat berpindah tangan ke koruptor.
 
"Nilainya triliunan. Detail angkanya nanti akan dirilis," ujar Agus.
 
Dalam pencegahan, KPK punya andil memperbaiki sistem tata kelola negara. KPK akan mendorong dan memberi supervisi supaya terjadi percepatan perubahan tata kelola, manajemen dan sistem.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif