Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Sejak 2018, Kejagung Tangkap 348 Buronan

Nasional narapidana
Juven Martua Sitompul • 30 Oktober 2019 23:54
Jakarta: Sebanyak 348 buronan telah ditangkap Kejaksaan Agung (Kejagung). Penangkapan ratusan buron itu bagian dari program tangkap buronan (Tabur) yang digelar Kejagung sejak 2018.
 
Salah satu buron yang baru ditangkap Kejagung adalah terpidana perkara Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dalam Kasus Bank Century, Stefanus Farok Nurtjahja. Stefanus tercatat sebagai terpidana ke-141 yang baru diamankan sepanjang 2019.
 
“Ini merupakan penangkapan yang ke-348 sejak digulirkan Tabur. Dan merupakan yang ke 141 dalam tahun 2019,” kata Kapuspenkum Kejagung Mukri di Gedung Kejagung, Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mukri mengatakan program Tabur ini akan terus digalakkan demi menegakan kepastian hukum di Indonesia. Dengan catatan, melalui proses hukum yang berlaku.
 
“Kami akan teruskan program ini, tapi kita akan intensifkan, kami optimalkan seluruh upaya yang ada, yang kita miliki dalam rangka untuk mencari para buronan para tahanan yang tentunya setelah kita lakukan pemanggilan secara patut, dua kali untuk kita lakukan eksekusi atau dalam rangka menjalankan proses hukum,” kata Mukri.
 
Mukti menjelaskan aturan berlaku yang dimaksud yakni tetap mengutamakan azas praduga tak bersalah. Namun, Kejagung tidak akan tinggal diam jika orang tersebut tak kooperatif dalam melakukan proses hukum.
 
“Namun, ketika, yang bersangkutan tidak hadir maka Konsekuensinya kita akan lakukan upaya paksa,” pungkas Mukri.
 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif