Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Suharno (kiri). Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Suharno (kiri). Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Djoko Tjandra Masih Bisa Kembali Ajukan PK

Nasional kasus korupsi Djoko Tjandra
Candra Yuri Nuralam • 29 Juli 2020 17:15
Jakarta: Terpidana kasus korupsi cessie (hak tagih) Bank Bali, Djoko Soegiarto Tjandra, masih bisa kembali mengajukan peninjauan (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. PK Djoko Tjandra kali ini ditolak Pengadilan Negeri Jakarta Selatan karena dia tak memenuhi syarat hadir dalam persidangan.
 
"Selama memenuhi syarat boleh," kata Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Suharno, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu, 29 Juli 2020.
 
Pengadilan harus memproses permohonan PK dari Djoko Tjandra jika memenuhi syarat dan prosedur. Djoko Tjandra memiliki hak hukum untuk mengajukan PK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada prinsipnya pengadilan negeri itu menerima, memeriksa, dan memutus, apapun itu dari masyarakat. Kita enggak bisa tolak, itu azas," ujar Suharno.
 
Meski begitu Suharno tak bisa memastikan apakah pengajuan ulang PK dari Djoko Tjandra bakal langsung. Hakim memiliki kuasa penuh untuk menentukan nasib PK yang diajukan terpidana.
 
Baca: PK Djoko Tjandra Ditolak
 
Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tidak menerima peninjauan kembali (PK) putusan vonis perkara korupsi cessie (hak tagih) Bank Bali dengan terpidana Djoko Soegiarto Tjandra. Alasannya, Djoko Tjandra selaku pemohon tak hadir dalam persidangan.
 
Penolakan itu mengacu pada Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 1 Tahun 2012 dan SEMA Nomor 7 Tahun 2014. Dua aturan itu mewajibkan Djoko sebagai pemohon hadir untuk meminta keadilan dalam sidang PK.
 
Keputusan tidak diterima ini tertuang dalam surat register nomor 12/Pid/PK/2020/PN Jakarta Selatan. Keputusan itu dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Selasa, 28 Juli 2020. Surat pemberitahuan sidang tidak dapat diterima dikirimkan ke pihak yang terkait pada Rabu, 29 Juli 2020.
 

(SUR)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif