Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Medcom.id/Nur Azizah

Mahfud MD: Jaksa Harus Junjung Moralitas

Nasional mahfud md kejaksaan agung
Antara • 17 September 2020 05:51
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan kejaksaan tidak boleh terjebak dalam praktik buruk di bidang hukum. Pasalnya, stigma buruk terus melekat di masyarakat terhadap aparat penegak hukum.
 
"Sudah sangat jelek kesan penegakan hukum kita di masyarakat, nanti diperas, nanti malah ditangkap, dan sebagainya. Saya tidak bisa melakukan apa-apa, Presiden (Joko Widodo) tidak bisa melakukan apa-apa, karena semua punya batasan kewenangan karena itu perlunya pembinaan dan moralitas," kata Mahfud di Jakarta, Rabu, 16 September 2020.
 
Pesan ini disampaikan Menko Polhukam dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Pidana Umum Kejaksaan Agung yang diselenggarakan daring. Rakernis dihadiri 626 peserta, termasuk Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin, Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi, dan petinggi Korps Adhyaksa lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya bisa membuat pasal ini untuk membuat orang yang salah jadi tidak salah. Saya bisa menghukum orang ini padahal tidak salah. Saya bisa cari buktinya. Itu adalah praktik industri hukum dan masyarakat sekarang sudah kritis. Sudah tidak bisa dibohongi, kita harus transparan dan akuntabel," ujar Mahfud.
 
Baca: Pengajuan Tambahan Anggaran Kejagung Disetujui DPR
 
Namun, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tetap terhadap optimistis jajaran Kejaksaan Agung. Mahfud melihat kini Kejaksaan Agung tengah berbenah diri. Dia yakin penegakan hukum ke depan akan dipimpin insan kejaksaan yang bijaksana.

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif